ANALISIS PERSEPSI PEMELAJAR BAHASA INGGRIS DI INDONESIA TENTANG PEMBELAJARAN GRAMMAR BAHASA INGGRIS (Exploring Indonesia EFL Learner’s Perception of English Learning Grammar)

Komara, Cahya dan Tiarsiwi, Fidaniar ANALISIS PERSEPSI PEMELAJAR BAHASA INGGRIS DI INDONESIA TENTANG PEMBELAJARAN GRAMMAR BAHASA INGGRIS (Exploring Indonesia EFL Learner’s Perception of English Learning Grammar). ANALISIS PERSEPSI PEMELAJAR BAHASA INGGRIS DI INDONESIA TENTANG PEMBELAJARAN GRAMMAR BAHASA INGGRIS (Exploring Indonesia EFL Learner’s Perception of English Learning Grammar).

[thumbnail of Penelitian ini mengangkat isu utama yang dihadapi pemelajar bahasa Inggris di Indonesia (EFL Learners) yaitu terkait pembelajaran grammar (tata bahasa) bahasa Inggris yang selalu menjadi momok atau permasalahan bagi kesuksesan penguasaan bahasa Inggris]
Preview
Text (Penelitian ini mengangkat isu utama yang dihadapi pemelajar bahasa Inggris di Indonesia (EFL Learners) yaitu terkait pembelajaran grammar (tata bahasa) bahasa Inggris yang selalu menjadi momok atau permasalahan bagi kesuksesan penguasaan bahasa Inggris)
Laporan Penelitian 100% Persepsi Grammar Batch 1 2019-2020 (Cahya K & Fidaniar T).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat isu utama yang dihadapi pemelajar bahasa Inggris di Indonesia (EFL Learners) yaitu terkait pembelajaran grammar (tata bahasa) bahasa Inggris yang selalu menjadi momok atau permasalahan bagi
kesuksesan penguasaan bahasa Inggris pemelajar. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk dapat mengungkap persepsi (perception) dari pemelajar bahasa Inggris di Indonesia tentang grammar, seperti mengapa grammar sulit untuk dikuasai pemelajar, apa saja yang menjadi kendala pemelajar dalam mengusai grammar, dan bentuk pembelajaran grammar seperti apa yang ideal bagi pemelajar. Untuk tercapainya tujuan penelitian yang sudah direncanakan, maka metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner tertutup dan kuesioner terbuka. Adapun jumlah partisipan yang terlibat dalam
penelitian ini berkisar antara 500 pemelajar bahasa Inggris di Indonesia dari level Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Perguruan Tinggi. Hasil kuesioner mengungkap temuan nyata bahwa siswa memandang grammar sulit untuk dikuasai dengan kendala yang dihadapi antara lain materi grammar yang sangat banyak dan menyulitkan (khususnya Tenses), kurang jelasnya pengajaran (explanation) oleh guru, metode atau media yang tidak variatif dipakai guru saat mengajar dikelas, dan buku-buku bahasa Inggris yang tidak cukup jelas
(explicit) dalam hal isi materi maupun instruksi tentang grammar. Pemelajar memberikan respon bervariasi terkait bentuk ideal pembelajaran grammar bahasa Inggris, seperti pemelajar menyukai metode atau media yang tidak konvensional, mereka menyukai belajar grup dan diskusi, namun respon pemelajar Indonesia dominan tertarik belajar grammar bahasa Inggris dengan media berbasis teknologi
komputer/online/aplikasi ataupun melalui mobile phone.
Kata kunci: EFL Learners, Perception, Grammar

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Fidaniar Tiarsiwi
Date Deposited: 28 Dec 2023 09:31
Last Modified: 28 Dec 2023 09:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12433

Actions (login required)

View Item View Item