“Peranan Asesmen dan Ujian dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional” PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (EKSPERIMEN DI SMP SWASTA KECAMATAN BENDA KOTA TANGERANG)

Setiadi, Hari “Peranan Asesmen dan Ujian dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional” PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (EKSPERIMEN DI SMP SWASTA KECAMATAN BENDA KOTA TANGERANG). In: Prosiding Konferensi Ilmiah Tahunan.

[img]
Preview
Text
Pengaruh model pembelajaran dan-06092018.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (477kB) | Preview

Abstract

Research are to investigate: (1) which of the cooperative learning models is higher in mathematic achievement, the Student Teams Achievement Division (STAD), or Group Investigation (GI)?; (2) is there any interaction effect between cooperative learning models and independency learning?; (3) in high independency learning, which of higher result in Mathematic achievement, cooperative learning model of STAD or GI ; and (4) in low independence, which one results is higher in Mathematics, cooperative learning model of STAD or GI?. The population of this research was the eleventh (8th) grade students in Kecamatan Benda Tangerang City. The sample of this research consisted of the students of SMP Santa Patricia 33 and SMP Cendikia Benda 33. The results of the research are as follows: (1) the STAD type giving in a higher learning achievement in Mathematics of the students than cooperative learning model of GI type; (2) No interaction effect between cooperative learning model and independency learning ; (3) in high independence of learning, the mathematic achievement of STAD is higher than GI; (4) in low independence of learning, the mathematic achievement of STAD is also higher than GI ABSTRAK Penelitian bertujuan: (1) apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran Group Investigation (GI); (2) apakah terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar; (3) pada kemandirian belajar tinggi , manakah lebih tinggi, STAD atau GI (4) pada kemandirian belajar rendah , manakah lebih tinggi, STAD atau GI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta di Kecamatan Benda Kota Tangerang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Probability Sampling. Sekolah yang menjadi sampel adalah SMP Santa Patricia dan SMP Cendikia. Banyak siswa STAD 33, kelas GI GI adalah 33,. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi, kuesioner, dan tes.. Tes diterapkan untuk mengetahui hasil belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan 2 x 2 dan taraf signifikansi 0,01. Sebelumnya dilakukan dahulu uji normalitas dengan Chi Kuadrat dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Hasil penelitian: (1) model STAD lebih tinggi dari GI (2) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemadirian belajar; (3) Pada kemadirian belajar tinggi STAD lebih tinggi dari GI; (4) Pada kemandirian belajar rendah STAD juga lebih tinggi dari GI.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: the cooperative learning models of Student Teams Achievement Division STAD, GI dan kemandirian Belajar. (STAD), and Group Investigation (GI), and Independency learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: ST Bahar Sobari
Date Deposited: 21 Sep 2018 01:47
Last Modified: 21 Sep 2018 01:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item