Wati Sukmawati, Wati Analisis level makroskopis, mikroskopis dan simbolik mahasiswa dalam memahami elektrokimia. Analisis level makroskopis, mikroskopis dan simbolik mahasiswa dalam memahami elektrokimia.
Preview |
Text
artikel terbit.pdf Download (919kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa dilihat dari aspek makroskopis, mikroskopis dan simbolik dalam memahami konsep. Fenomena pembelajaran kimia yang ditemukan hampir selalu terfokus pada tingkat makroskopik berupa rumus dan angka, sedangkan tingkat yang sering luput dari pengematan adalah tingkat mikroskopik dan simbolik seperti penyajian diagram dan proses reaksi kimia. Salah satu sifat dari ilmu kimia adalah cenderung bersifat abstrak dan kompleks, seperti proses terjadinya reaksi elektrolisis dimana terjadi pergerakan partikel yang tidak dapat diamati oleh mata sehingga sering terjadi miskonsepsi dalam memahami konsep kimia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan pendekantan kuantitatif dilakukan pada mahasiswa semester satu sebanyak 40 orang di prodi Farmasi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Sampel penelitian ini diambil secara purposive random sampling dengan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pemahaman mahasiswa pada konsep elektrokimia dilihat dari level makroskopis sebesar 72.75% kategori baik, level mikroskopis sebesar 66.25% kategori baik dan simbolik adalah 70% kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan aspek makroskopis, mikroskopis, simbolik dapat menanamkan konsep secara utuh.
Kata Kunci: makroskopis, mikroskopis, simbolik, elektrokimia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences |
Depositing User: | Furqon FFS |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 01:42 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 01:42 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/922 |
Actions (login required)
View Item |