Pengaruh Nisbah Bagi Hasil, Produk Domestik Bruto, Inflasi, dan Biaya Promosi Terhadap Dana Pihak Ketiga Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia

Kaffah, Silmi dan Zulpahmi, Zulpahmi dan Tukirin, Tukirin (2021) Pengaruh Nisbah Bagi Hasil, Produk Domestik Bruto, Inflasi, dan Biaya Promosi Terhadap Dana Pihak Ketiga Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1402025131_SILMI.pdf] Text
FEB_AKT_1402025131_SILMI.pdf

Download (679kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nisbah bagi hasil, produk
domestik bruto, inflasi dan biaya promosi terhadap dana pihak ketiga pada Bank
Umum Syariah di Indonesia.
Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Variabel yang diteliti
adalah nisbah bagi hasil, produk domestik bruto, inflasi dan biaya promosi
sebagai variabel independen dan dana pihak ketiga sebagai variabel dependen.
Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah di Indonesia pada tahun
2010-2017. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan
sampel yang diperoleh sebanyak 4 (empat) bank. Teknik pengolahan dan analisis
data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis regresi linear berganda, uji
asumsi klasik, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan
menggunakan software statistik yaitu program SPSS for windows version 22.0
IBM.
Berdasarkan hasil analisis akuntansi mengindikasikan bahwa pengaruh nisbah
bagi hasil (X1) terhadap dana pihak ketiga (DPK) (Y) yaitu berpengaruh negatif
dengan nilai persentase sebesar 56,25%. Pengaruh produk domestik bruto (X2)
terhadap dana pihak ketiga yaitu berpengaruh positif dengan nilai persentase
sebesar 87,50%. Pengaruh inflasi (X3) terhadap DPK (Y) yaitu tidak berpengaruh
dengan nilai persentase sebesar 56,25%. Pengaruh biaya promosi (X4) terhadap
DPK (Y) yaitu berpengaruh positif dengan nilai persentase sebesar 53,125%, dan
secara simultan berpengaruh positif dengan nilai persentase sebesar 53,125%.
Hasil analisis regresi linear berganda yang diperoleh persamaan Ŷ = -11,724
- 0,566 X1 + 0,004 X2 + 0,616 X3 + 0,345 X4. Hasil uji klasik menunjukan bahwa
residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi
heteroskedastisitas, dan tidak terjadi autokolerasi, sehingga model regresi yang
diperoleh telah memenuhi kriteria Best Linier Unbiased Estimator (BLUE) atau
model regresi dengan estimasi yang tidak bisa dan layak untuk memprediksi
variabel dependen.
Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai adjusted R-square sebesar
0,454 artinya 45,4% variabel dana pihak ketiga dapat dijelaskan oleh variabel
nisbah bagi hasil, produk domestik bruto, inflasi dan biaya promosi sedangkan
sisanya 54,6 % secara teoritis dapat disebabkan oleh variabel lain yang tidak
dimasukan dalam penelitian ini seperti Return Of Assets (ROA), non-performing
financing (NPF), Capital Adequacy Ratio (CAR).
Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel nisbah bagi hasil berpengaruh dan
tidak signifikan terhadap dana pihak ketiga, hal tersebut dibuktikan dengan nilai
signifikan 1,09 > 0,050 dengan nilai thitung sebesar -1,656 > ttabel sebesar -2,051.
Variabel produk domestik bruto berpengaruh positif dan signifikan terhadap dana
pihak ketiga, hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,003 <
0,050, sedangkan nilai thitung sebesar 3,297 > ttabel sebesar 2.051. Variabel inflasi
berpengaruh tidak signifikan terhadap dana pihak ketiga, hal tersebut dapat
dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,645 > 0,050, sedangkan nilai thitung
0,466 < ttabel sebesar 2,051. Variabel biaya promosi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap dana pihak ketiga, hal tersebut dibuktikan dengan nilai 0,001
< 0,050, sedangkan thitung sebesar 3,589 > ttabel sebesar 2,051. Adapun secara
simultan (uji F) menunjukan bahwa nisbah bagi hasil, produk domestik bruto,
inflasi dan biaya promosi secara simultan berpengaaruh terhadap dana pihak
ketiga, hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,050 dan
nilai Fhitung sebesar 7,445 > Ftabel 2,96.
Setelah dilakukan penelitian bagi para bank syariah , sebaiknya meningkatkan
tingkat bagi hasil yang diperoleh nasabah, agar bertambahnya nasabah untuk
menginvestasikan dananya kepada bank syariah dan secara langsung akan
meningkatkan pembiayaan atas dana pihak ketiga. Melakukan peningkatan atas
nisbah bagi hasil, dan meningkatkan promosi yang ada, agar para calon nasabah
tau apa saja keuntungan dari menginvestasikan dananya kepada bank syariah
tersebut.
Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variable
independen lainnya yang lebih relevan, agar mendapatkan hasil penelitian yang
lebik. Sedangkan sampel dari penelitian ini hanya berasal dari bank umum syariah
devisa saja. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat menggunakan bank
syariah yang lebih banyak sehingga dapat menarik kesimpulan dari hasil temuan
untuk seluruh bank syariah yang ada di Indonesia

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Akuntansi akuntansi
Date Deposited: 15 Jul 2021 15:35
Last Modified: 18 Jun 2022 03:39
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/8844

Actions (login required)

View Item View Item