Pengaruh Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Pajriyanti, Nurvita dan Zulpahmi, Zulpahmi dan Sumardi, Sumardi (2021) Pengaruh Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1402025100_NURVITA PAJRIYANTI.pdf] Text
FEB_AKT_1402025100_NURVITA PAJRIYANTI.pdf

Download (894kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018).
Dalam penelitian ini, menggunakan metode eksplanasi, dimana variabel yang diteliti adalah Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan sebagai variabel independen dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan seluruh perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Adapun teknik pemilihan sampel menggunakan judgment sampling dan diperoleh sampel sebanyak 5 perusahaan, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaah dokumen, yang dimana menelaah laporan keuangan yang diambil dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dari ke-5 perusahaan yang menjadi sampel dan teknik pengelolaan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi dan analisis regresi linear berganda.
Pengolahan data menggunakan SPSS 20.0 dan diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = -0,138 + 0,134 X1+ 0,037 X2, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas memiliki residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak terjadi autokorelasi
maka model regresi yang diperoleh adalah Best Linear Unbiased Estimator (BLUE).
Analisis koefisien korelasi diperoleh sebesar 60,8%, menunjukkan bahwa hubungan antara variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan dengan variabel corporate social responsibility adalah sangat kuat. Analisis koefisien determinasi dengan menggunakan Adjusted R Square menunjukkan bahwa variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan dapat dijelaskan 60,8%, variasi variabel corporate social responsibility, sedangkan sisanya 39,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh profitabilitas terhadap corporate social responsibility terdapat pengaruh, dengan signifikansi sebesar 0,023 < 0,050, pengujian secara persial antara variabel ukuran perusahaan terhadap corporate social responsibility terdapat pengaruh, dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,050. Sedangkan berdasarkan pengujian hipotesis secara simultan menujukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap corporate social responsibility, dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,050.
Berdasarkan penjelasan di atas disarankan kepada perusahaan farmasi, yang menjadi sampel dalam penelitian, jika ingin meningkatkan corporate social responsibility harus memperhitungkan komposisi-komposisi dari return on asset dan size karena return on asset dan size dalam penelitian ini secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap corporate social responsibility

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Akuntansi akuntansi
Date Deposited: 15 Jul 2021 15:33
Last Modified: 18 Jun 2022 03:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/8843

Actions (login required)

View Item View Item