The Role of Islamic Organizations in Britain in Promoting Ideas about Muslim Integration, Isolation or Rejection within the British Society: A Comparison between Hizbut Tahrir and Jama'at-i Islami

Fuad, Ai Fatimah Nur (2009) The Role of Islamic Organizations in Britain in Promoting Ideas about Muslim Integration, Isolation or Rejection within the British Society: A Comparison between Hizbut Tahrir and Jama'at-i Islami. Jurnal Kajian Wilayah Eropa Agama dan Religiusitas di Eropa, 5 (1). pp. 5-21. ISSN 1858-0270

[thumbnail of jurnal Kajian Wilayah Eropa all.pdf]
Preview
Text
jurnal Kajian Wilayah Eropa all.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam paper ini penulis berusaha membandingkan peran dari dua organisasi Islam di Inggris yaitu Jama'at-i Islami (JI) dan Hizbut Tahrir (HT) terkait dengan gagasan integrasi, isolasi dan resistensi Muslim, terhadap budaya masyarakat Inggris. Penulis menganalisis persamaan dan perbedaan yang dimiliki dua organisasi ini dalam pola dan pendekatan pergerakan keislaman mereka dalam menyikapi gagasan-gagasan di atas. Bagi organisasi-organisasi yang berafiliasi ke JI, Muslim di Inggris bisa menjadi "British Muslims" yang mengamalkan komitmen-komitmen keislaman mereka dan nilai-nilai modern negara Inggris secara bersamaan, sedangkan bagi HT, Muslim di Negara sekuler seperti Inggris harus memilih untuk menjadi Muslims atau British. HT berpandangan bahwa nilai-nilai modern di Negara sekuler adalah bertentangan dengan ajaran Islam. Perbedaan ini adahalhasil interaksi nilai dan komitmen keislaman mereka dengan faktor-faktor sosial yang ada di Inggris. Penulis berpendapat bahwa kedua organisasi ini memiliki perbedaan dalam pola pergerakan keislaman, namun keduanya memberikan kontribusi terhadap perkembangan Islam di Inggris.

Item Type: Article
Subjects: BD Speculative Philosophy > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: admin repository uhamka
Date Deposited: 03 Oct 2016 05:27
Last Modified: 24 Jan 2020 06:24
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/78

Actions (login required)

View Item View Item