Pelatihan Kemampuan TPACK Pasca Pandemi Covid 19 Bagi Guru Biologi SMA Muhammadiyah se-DKI Jakarta

IRDALISA, IRDALISA (2020) Pelatihan Kemampuan TPACK Pasca Pandemi Covid 19 Bagi Guru Biologi SMA Muhammadiyah se-DKI Jakarta. PROSEDING SEMINAR NASIONAL ABDIMASMU, 1 (2). pp. 118-126.

[thumbnail of 56-Article Text-196-1-10-20201116.pdf]
Preview
Text
56-Article Text-196-1-10-20201116.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Abstrak
Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan TPACK guru biologi SMA Muhammadiyah Jakarta sebagai pengembangan kualitas dan profesionalisme guru baik dalam bidang Teknologi, Pedagogi maupun Konten. Mitra dari kegiatan ini adalah guru-guru Biologi SMA Muhammadiyah se-DKI Jakarta binaan Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta. Materi pelatihan bersifat teori dan praktik dengan materi komponen inti yaitu bidang TK (Technological Knowledge), PK (Pedagogical Knowledge), dan CK (Content Knowledge) dari TPACK. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pemberian materi, demonstrasi dan penugasan. Moda pemberian materi dilakukan dengan dua cara yaitu penyampaian materi secara virtual dan mendesain perangkat pembelajaran yaitu penugasan mendesain RPP berbasis TPACK. Hasil kuesioner pelatihan kemampuan TPACK guru biologi menunjukkan respon positif guru terhadap pelatihan yang mereka ikuti, pada tabel menunjukkan kepuasan peserta terhadap pelaksanaan kegiatan memperoleh nilai baik dengan nilai rata-rata 47,2% dan 30,5% memuaskan, untuk hasil rata-rata materi memperoleh hasil baik dengan persentase sebesar 35,4% dan memuaskan memperoleh nilai rata-rata 54,5%. Dari nilai rata-rata kedua item dapat disimpulkan respon guru sangat positif terhadap pelaksanan pelatihan kemampuan TPACK Guru.
Kata Kunci : TPACK, Guru Biologi, SMA Muhammadiyah

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > DF Greece
Depositing User: Dr. Irdalisa Irdalisa
Date Deposited: 03 Mar 2021 06:29
Last Modified: 03 Mar 2021 06:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/6535

Actions (login required)

View Item View Item