Mimin, Ninawati (2020) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN KELAS VI SDN ANYELIR 1 DEPOK. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7 (2). pp. 89-98. ISSN P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728
Preview |
Text
2020 PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS.pdf Download (763kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop up book materi perkembangbiakan hewan kelas VI SDN Anyelir 1 Depok. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan metode 4D dengan empat langkah, yaitu: 1) tahap Define (pendefinisian), 2) tahap design (perancangan), 3) develop (pengembangan), 4) dissiminate (penyebaran). Tempat penelitian ini adalah di SDN Anyelir 1 Depok. Subjek uji coba diterapkan kepada 33 peserta didik kelas VI A di SD tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, dan angket respon peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan produk adalah media pembelajaran pop up book materi perkembangbiakan hewan. Hasil validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 94% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media mendapat skor rata-rata 95% dengan kategori sangat layak. Hasil tanggapan siswa berdasarkan uji coba lapangan mendapatkan skor rata-rata 82% yang termasuk kategori sangat layak. Karena siswa merasa tertarik untuk menggunakan media kontekstual pop up book. Berdasarkan hasil perolehan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book pada materi perkembangbiakan hewan ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > DJ Netherlands (Holland) |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Mimin Ninawati |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 06:27 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 06:27 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/6464 |
Actions (login required)
View Item |