Persepsi Orangtua terhadap Pelaksanaan Belajar dari Rumah pada Pendidikan Anak Usia Dini

Handayani, Oktarina Dwi (2021) Persepsi Orangtua terhadap Pelaksanaan Belajar dari Rumah pada Pendidikan Anak Usia Dini. Obsesi, 5 (2). pp. 1754-1763. ISSN 2549-8959

[thumbnail of 975-5155-2-PB (4).pdf]
Preview
Text
975-5155-2-PB (4).pdf

Download (279kB) | Preview
Official URL: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/index

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa dampak perubahan pada pelaksanaan pendidikan yang
sedianya dilakukan secara tatap muka, disesuaikan melalui kegiatan Belajar dari Rumah
(BDR). Pelaksanaan BDR yang tidak direncanakan sebelumnya oleh pendidik, peserta didik
dan orang tua mendatangkan berbagai tantangan. Oleh karena itu peneliti hendak melihat
persepsi orang tua terhadap pelaksanaan BDR pada anak usia 5-6 tahun pada PAUD di kota
Bekasi. Kegiatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan
menggunakan kuesioner yang sudah tervalidasi selanjutnya melaksanakan penghimpunan
data melalui google form. Data yang telah dihimpun diolah menggunakan program SPSS
dengan analisis data chi square untuk melihat hubungan antara variabel X dan Y. Dari hasil
penelitian yang dilaksanakan didapatkan hasil bahwa pelaksanaan BDR pada PAUD di kota
Bekasi mendapatkan persepsi positif dari orang tua dipengaruhi oleh faktor; perencanaan
pembelajaran yang disusun, media dan bahan ajar yang digunakan serta penilaian yang
dilaksanakan oleh pendidik. Melalui penelitian ini memberikan gambaran bahwa
pelaksanaan BDR pada PAUD dipengaruhi oleh kesiapan dan sumber daya yang dimiliki oleh
lembaga PAUD, peserta didik dan orang tua murid.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendidikan anak usia dini; orang tua; belajar dari rumah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > DB Austria
B Philosophy. Psychology. Religion
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Depositing User: Oktarina Dwi Handayani
Date Deposited: 27 Feb 2021 03:42
Last Modified: 27 Feb 2021 03:42
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/5759

Actions (login required)

View Item View Item