Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Peran Guru di Sekolah Terhadap Kesadaran Beragama dan Kepribadian Siswa

Setiadi, Hari Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Peran Guru di Sekolah Terhadap Kesadaran Beragama dan Kepribadian Siswa. In: UHAMKA INTERNATIONALCONFERENCE ON ISLAMIC HUMANITIES AND SOCIAL SCIENCES.

[thumbnail of Pengaruh Pola Asuh Orang-06092018 _2_.pdf]
Preview
Text
Pengaruh Pola Asuh Orang-06092018 _2_.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti pengaruh pola asuh orang tua dan peran guru di sekolah terhadap kesadaran religius dan kepribadian murid SLTP. Penelitian ini menggunakan applied reseach (penelitian terapan) yang merupakan penelitian sosial bidang pendidikan. Kategori penelitian ini adalah penelitian survei sehingga peneliti tidak melakukan perubahan (tidak ada perlakuan khusus) terhadap variabel yang diteliti. Dalam penelitian ini terdapat empat variabel, dua variabel bebas (independent variable) dengan dua macam eksogenus variable, yaitu pola asuh orang tua dan peranan guru di sekolah. Dua variabel terikat/endogenous variable yaitu kesadaran religius dan kepribadian siswa. Temuan menunjukan bahwa: 1. pola asuh orang tua secara signifikan berpengaruh terhadap kesadaran religious, 2. peran guru di sekolah secara signifikan berpengaruh terhadap kesadaran religious, 3. peran guru di sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kepribadian, 4. pola asuh orang tua dalam konteks penelitian ini tidak berpengaruh terhadap kepribadian siswa, dan 5. kesadaran beragama dalam konteks penelitian ini tidak berpengaruh terhadap kepribadian siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, peran guru, kesadaran beragama, kepribadian siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > School of Education
Depositing User: ST Bahar Sobari
Date Deposited: 21 Sep 2018 02:15
Last Modified: 21 Sep 2018 02:15
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item