Efektivitas Media Pembelajaran Daring melalui Google Classroom

M.Arifin, Rahmanto (2020) Efektivitas Media Pembelajaran Daring melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2 (1). pp. 1-17. ISSN 2087-7064

[thumbnail of 5974-Article Text-15597-1-10-20201130.pdf]
Preview
Text
5974-Article Text-15597-1-10-20201130.pdf

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of 5974] Text
5974

Download (27kB)
Official URL: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi

Abstract

Tuntutan zaman dan kebijakan pemerintah dalam rangka memutus mata rantai COVID-
19 yaitu dengan cara pembelajaran yang dilakukan secara daring, menyebabkan guru
dan dosen diwajibkan untuk memanfaatkan teknologi berbasis digital, salah satunya
adalah Google classroom. Penggunaan Aplikasi Google classroom memiliki beberapa
kelemahan, seperti hanya dapat diakses oleh akun google dan tidak adanya
pemberitahuan bahwa materi yang disampaikan telah dibaca sepenuhnya oleh peserta
didik, sehingga efektivitas Google classroom masih diragukan. Tujuan diadakannya
penulisan ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring melalui Google
classroom pada mata kuliah praktikum administrasi pendidikan. Penulisan ini
menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data penulisan ini melalui
wawancara untuk menghasilkan data primer. Hasil penulisan ini adalah Google
classroom efektif digunakan pada mata pelajaran praktikum administrasi pendidikan
karena mahasiswa dan dosen mudah untuk mengakses sesuai dengan kebutuhan
perkuliahan. Efektifitas Perkuliahan Praktikum Administrasi Pendidikan dapat dilihat
dari hasil belajar mahasiswa yang semakin meningkat setiap harinya melalui tugas dan
kuis.
Kata Kunci : Aplikasi, googleclassrom, Pembelajaran, Daring

Item Type: Article
Subjects: R Medicine
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Arifin Rahmanto
Date Deposited: 09 Jan 2021 13:12
Last Modified: 06 May 2021 05:36
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/5135

Actions (login required)

View Item View Item