(JPPM - S5) - Purnamaningsih, Mayangsari, Nugroho, Hasan [2025-09-30]

Hasan, Firman Noor (2025) (JPPM - S5) - Purnamaningsih, Mayangsari, Nugroho, Hasan [2025-09-30]. JPPM: Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat, 4 (3). pp. 339-345. ISSN 2827-9557

[thumbnail of 1.  Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 2.  Editorial Team.pdf] Text
2. Editorial Team.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 3.  Daftar Isi.pdf] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 4.  Artikel.pdf] Text
4. Artikel.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 5.  Turnitin Similiarity Report (22%).pdf] Text
5. Turnitin Similiarity Report (22%).pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 6.  LOA - Purnamaningsih, Mayangsari, Nugoroho, Hasan.pdf] Text
6. LOA - Purnamaningsih, Mayangsari, Nugoroho, Hasan.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of Korespondensi.1 - Tangkapan Layar pada OJS.pdf] Text
Korespondensi.1 - Tangkapan Layar pada OJS.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of Korespondensi.2 - Submission Acknowledgement.pdf] Text
Korespondensi.2 - Submission Acknowledgement.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of Korespondensi.3 - Editor Decission.pdf] Text
Korespondensi.3 - Editor Decission.pdf

Download (67kB)
Official URL: https://jurnal.erapublikasi.id/index.php/JPPM/arti...

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada Pemberdayaan Literasi dan Numerasi bagi anak-anak di TK Spacetoon, Desa Jambudipa, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi dasar anak usia dini melalui metode pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan terintegrasi dengan budaya lokal. Pelaksanaan PKM berlangsung dari 18 Agustus hingga 12 September 2025, bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Metode yang digunakan adalah kolaborasi multi-pihak, melibatkan akademisi dari Forum Komunikasi Dosen (FKD) sebagai narasumber, serta partisipasi aktif dari seluruh komunitas sekolah yakni kepala sekolah, guru, komite, orang tua, dan tokoh masyarakat setempat (RT/RW). Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada antusiasme dan kemampuan dasar literasi-numerasi anak, serta peningkatan kapasitas guru dan orang tua dalam mendampingi proses belajar anak. Program ini membuktikan bahwa sinergi antara akademisi dan komunitas dapat menciptakan model pendidikan holistik yang berkelanjutan, menumbuhkan fondasi belajar yang kuat dan relevan dengan konteks sosial budaya anak.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Noor Hasan
Date Deposited: 02 Oct 2025 01:41
Last Modified: 02 Oct 2025 01:41
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/48271

Actions (login required)

View Item View Item