SKRIPSI-2010015016-BRITHANIA ZELVIRA SUSILO PUTRI-REPOSITORY

BRITHANIA, ZELVIRA SUSILO PUTRI dan Gea Pandhita, Gea dan Erlin Listiyaningsih, Erlin (2024) SKRIPSI-2010015016-BRITHANIA ZELVIRA SUSILO PUTRI-REPOSITORY. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of SKRIPSI-2010015016-BRITHANIA ZELVIRA SUSILO PUTRI-REPOSITORY.pdf] Text
SKRIPSI-2010015016-BRITHANIA ZELVIRA SUSILO PUTRI-REPOSITORY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: populasi siswa sekolah dasar mencapai separuh dari total seluruh
populasi siswa di Indonesia. Oleh karena itu, pembelajaran yang efektif dibutuhkan pada
siswa usia sekolah dasar. Pembelajaran efektif ditentukan oleh tingkat aktivitas kognitif
siswa.
Aktivitas
kognitif
dapat
diukur
menggunakan alat quantitative
electroencephalography (qEEG). Untuk meningkatkan aktivitas kognitif, diperlukan
pemberian stimulus berupa metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan
sejak dahulu adalah ceramah konvensional (Lecturing). Pada revolusi era 4.0 metode
pembelajaran bergeser kearah metode berbasis video (Video-based learning). Perbedaan
tingkat konsentrasi dari gambaran qEEG dapat menentukan metode pembelajaran yang
lebih efektif. Metode: jenis penelitian yang digunakan adalah uji kuantitatif cross sectional
dengan metode analisis paired T-test. Populasi yang diteliti merupakan anak usia sekolah
dasar berjumlah 36 di Parung Serab. Pengambilan sampel dilakukan setelah orang tua siswa
menandatangani formulir persetujuan. Perekaman dilakukan dengan memasang qEEG
pada kepala subjek. Subjek diberi stimulus metode pembelajaran lecturing dan video-based
learning. Hasil rekaman dikonversi menjadi z score dan dibandingkan antara dua metode
pembelajaran. Hasil: terdapat perbedaan aktivitas kognitif siswa sekolah dasar yang
bermakna berdasarkan gambaran qEEG menggunakan metode pembelajaran Lecturing
dengan metode Video-based learning.
Kata kunci: qEEG, lecturing, video-based learning

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: kedokteran kedokteran
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:10
Last Modified: 05 Aug 2025 01:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/47014

Actions (login required)

View Item View Item