Mohammad Furqan, MF dan Flora aulia Qisti, FA (2025) Punlikasi jurnal Mohammad Furqan dan Flora Aulia Qisti. Permainan Tapak Bulan Pedoman Gizi Seimbang Untuk Anak Sekolah Dasar, 2 (1). pp. 6-12. ISSN 3062-8784
|
Text (artikel publikas jurnal)
1212-1217+Permainan+Tapak+Bulan+Pedoman+Gizi+Seimbang+Untuk+Anak+Sekolah+Dasar+(Indonesian+Journal+of+Science)+(1).pdf - Published Version Download (208kB) |
Abstract
Anak usia sekolah dasar merupakan pondasi dan aset vital dalam revolusi sumber daya manusia di Indonesia. Memerhatikan kecukupan gizi anak menjadi salah satu indikator keberhasilan revolusi tersebut, karena status gizi yang baik akan menjadi dasar untuk mencapai kehidupan yang sehat, kesuksesan dalam pendidikan, serta kehidupan yang produktif demi meraih tingkat kesejahteraan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media tapak bulan terhadap pengetahuan dan perilaku siswa terkait Pedoman Gizi Seimbang. Penelitian ini bersifat quacy experimental dengan jenis penelitian pra-eksperimental dan rancangan yang digunakan yaitu one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan 5 SD. Sampel sebanyak 30 anak menggunakan rumus Lemeshow dan diambil menggunakan teknik proportionate random sampling. Instrumen yang digunakan adalah Permainan Tapak Bulan, Flipchart Pedoman Gizi Seimbang, Powerpoint, dan Kuesioner. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan signifikan pada variabel pengetahuan anak, pengetahuan ibu, dan perilaku ibu sebelum dan sesudah intervensi, serta tidak terdapat perbedaan signifikan pada variabel perilaku anak sebelum dan sesudah intervensi. Ibu dan instansi sekolah disarankan terus meningkatkan pengetahuan dan penerapan gizi seimbang anak.
Kata Kunci: Anak Sekolah Dasar, Pedoman Gizi Seimbang, Pengetahuan, Perilaku, Permainan Tapak Bulan.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi |
| Depositing User: | SKM., M.KM MOHAMMAD FURQAN |
| Date Deposited: | 02 Aug 2025 09:20 |
| Last Modified: | 02 Aug 2025 09:20 |
| URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/46390 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric