IDE KREATIF KONTEN PADA INSTAGRAM @cretivox UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEBAGAI MEDIA KREATIF

Mukhlish Muhammad Maududi, Mukhlish (2025) IDE KREATIF KONTEN PADA INSTAGRAM @cretivox UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEBAGAI MEDIA KREATIF. KABILAH (Journal of Social Community, 10 (1). pp. 11-24. ISSN 25033603

[thumbnail of 516-Article Text-1380-1-10-20250630.pdf] Text
516-Article Text-1380-1-10-20250630.pdf - Published Version

Download (668kB)
Official URL: https://ejournal.iainata.ac.id/index.php/kabilah/a...

Abstract

Penelitian ini mengkaji ide kreatif kontenpada Instagram @cretivox dalam mempertahankan eksistensi sebagai media kreatif di tengah persaingan industri digital yang semakin kompetitif. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana ide kreatif yang diterapkan pada sebuah konten di Instagram @cretivox dapat mempertahankan eksistensi Cretivox sebagai media kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis elemen-elemen kreatif yang digunakan dalam konten Cretivox serta memahami peran konten dalam membangun hubungan dengan audiens. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cretivox secara konsisten menerapkan ide-ide kreatif konten yang mencerminkan empat fungsi komunikasi massa menurut Denis McQuail, yaitu informasi, korelasi, kontinuitas, dan hiburan. Penerapan ini terlihat melalui penggunaan hashtagsebagai brand identity, visual yang menarik, tone-of-voiceyangkhas, serta tema konten yang relevan untuk dapat membangun brand positioningyang kuat dan mempertahankan eksistensinya sebagai media kreatif

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Mukhlish Mukhlish
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:23
Last Modified: 07 Jul 2025 02:23
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/44440

Actions (login required)

View Item View Item