2024-2025_Genap_Sinta-4_Jurnal Communication 16(1),57-61_Manajemen Kom Pstore Shopee+properties+turnitin

Novi Andayani Praptiningsih, NAP (2025) 2024-2025_Genap_Sinta-4_Jurnal Communication 16(1),57-61_Manajemen Kom Pstore Shopee+properties+turnitin. Manajemen Komunikasi Pstore Dalam Proses Produksi Livestreaming di Platform Shopee, 16 (1). pp. 57-71. ISSN 2442 - 75

[thumbnail of 2024-2025_Genap_Sinta-4_Jurnal Communication 16(1),57-61_Manajemen Kom Pstore Shopee+properties+turnitin.pdf] Text
2024-2025_Genap_Sinta-4_Jurnal Communication 16(1),57-61_Manajemen Kom Pstore Shopee+properties+turnitin.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://journal.budiluhur.ac.id/comm/article/view/...

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola konsumsi dan strategi pemasaran, salah satunya
melalui inovasi livestreaming. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Transactive
Memory Theory dalam mendukung keberhasilan produksi livestreaming di Pstore Condet, yang
menggunakan platform Shopee Live sebagai bagian dari strategi pemasaran digitalnya. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui
wawancara mendalam dengan manajer produksi, host livestreaming, tim teknis, dan tim konten. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan specialization, coordination, dan credibility menjadi fondasi
keberhasilan produksi livestreaming di Pstore. Pembagian tugas yang spesifik memastikan setiap anggota
tim bekerja secara efisien sesuai keahliannya. Koordinasi yang efektif melalui komunikasi intensif sebelum,
selama, dan setelah siaran memungkinkan tim untuk merespons kendala secara cepat. Evaluasi kinerja rutin
juga membantu memperbaiki kelemahan dan meningkatkan kualitas siaran. Melalui hal tersebut, Pstore
tidak hanya mampu menjaga kualitas produksi tetapi juga mencapai target penjualan produk mereka seperti
ponsel. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pemahaman manajemen kerja tim di era digital serta
menjadi panduan praktis bagi bisnis lain dalam memanfaatkan livestreaming sebagai strategi pemasaran.
Kata kunci: Livestreaming, Transactive Memory Theory, Spesialisasi, Koordinasi, Kredibilitas

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Novi Andayani Praptiningsih
Date Deposited: 23 Apr 2025 01:38
Last Modified: 23 Apr 2025 01:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/43948

Actions (login required)

View Item View Item