Teacher Strategies in Developing Mathematical Literacy Skills in Second-Grade Elementary School Students Strategi Guru dalam Membangun Kemampuan Literasi Matematika pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar

Haryati, Alvy dan Pramudiani, Puri (2025) Teacher Strategies in Developing Mathematical Literacy Skills in Second-Grade Elementary School Students Strategi Guru dalam Membangun Kemampuan Literasi Matematika pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 23 (1). pp. 49-59. ISSN 2579-4442

[thumbnail of Alvy_Pramudiani_2025.pdf] Text
Alvy_Pramudiani_2025.pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2719

Abstract

Tahun 2020 merupakan tahun dimana interaksi antara guru dan siswa diberhentikan sementara waktu dikarenakan adanya virus COVID 19 dan pemerintah membuat kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran daring. Pembelajaran daring yang diberlakukan memberikan dampak yaitu menurunnya minat belajar siswa dan salah satu pembelajaran yang terkena dampak dari kebijakan pemerintah adalah pembelajaran TIK khususnya materi pengolah kata. Minat belajar merupakan bagian terpenting dalam proses pembelajaran karena mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas IV di MI Plus Al-Muhajirin Depok pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi atau TIK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-II sebanyak 21 orang dan penentuan subjek dilakukan dengan teknik random sampling (acak). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah menyebarkan angket minat belajar kepada siswa kelas IV-II dan melakukan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa minat belajar siswa kelas IV-II di MI Plus Al-Muhajirin Depok selama pembelajaran daring adalah tinggi sebesar 66 dan berdasarkan wawancara dengan siswa dan juga guru TIK bahwa minat belajar siswa selama pembelajaran daring berjalan dengan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: fraction,mathematical literacy abilities,teacher strategy
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Puri Pramudiani
Date Deposited: 15 Apr 2025 00:58
Last Modified: 15 Apr 2025 00:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/43871

Actions (login required)

View Item View Item