Astuti, Nurul Huriah Artikel Hubungan Karakteristik Pasiendan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Unitradiologi RSAU Dr. Esnawan Antariksa Tahun 2023. Seroja Husada Jurnal Kesehatan Masyarakat.
![]() |
Text
2024_Publikasi_Andre Galih_Nurul.pdf Restricted to Registered users only until 1 December 2025. Download (394kB) |
Abstract
penyelenggara rumah sakit. Tingkat kepuasan pasien sangat
penting dan berhubungan erat dengan tingkat kunjungan
kembali pasien sehingga hal ini dapat digunakan sebagai
indikator terhadap kualitas pelayanan kesehatan. karakteristik
atau ciri-ciri seseorang merupakan faktor penting yang dapat
mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Berdasarkan data dari
humas, unit Radiologi mendapatkan tingkat kepuasan terendah
diantara unit penunjang medis yang lain artinya tingkat kepuasan
pasien masih tergolong rendah dengan pelayanan yang ada di
bagian Radiologi sebanyak 72,8% dari standar yang ditetapkan
Kepmenkes RI Nomor 129 Tahun 2008. Metodologi penelitian
yang digunakan dalam penelitian yaitu kuantitatif . Desain
penelitian yang digunakan cross sectional. Penelitian ini
mengunakan instrumen penelitian berupa kuesioner untuk
mendapatkan data primer yang dibutuhkan. Hasil penelitian
terdapat 7 variabel yang berhubungan dengan kepuasan pasien di
unit radiologi RSAU dr. Esnawan Antariksa ( jenis kelamin
dengan nilai P value = 0,012 dan nilai PR 2,136, pekerjaan
dengan nilai P value = 0,012 dan nilai PR 2,136, dimensi
realibility dengan nilai P value = 0,001 dan nilai PR 2,770,
dimensi tangible dengan nilai P value = 0,001 dan nilai PR 3,529,
dimensi assurance dengan nilai P value = 0,007 dan nilai PR
2,289, dimensi empathy dengan nilai P value = 0,002 dan nilai PR
2,629, dan dimensi responsiveness dengan nilai P value = 0,004
dan nilai PR 2,431). Kemudian terdapat 3 variabel yang tidak
berhubungan dengan kepuasan pasien di unit radiologi RSAU dr.
Esnawan Antariksa ( umur dengan nilai P value = 0,476 dan nilai
PR 1,284, pendidikan dengan nilai P value = 0,899 dan nilai PR
1,198 dan pembayaran dengan nilai P value = 0,743 dan nilai PR
1,119. Variabel dimensi tangible adalah variabel yang paling
dominan terhadap kepuasan pasien di unit radiologi RSAU dr.
Esnawan Antariksa dengan PR 4,416, artinya variabel dimensi
tangible akan mempengaruhi kepuasan pasien di unit radiologi
4,416 lebih besar dibandingkan ketidakpuasan pasien di unit
radiologi RSAU dr. Esnawan Antariksa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | Nurul Huriah Astuti |
Date Deposited: | 06 Apr 2025 14:10 |
Last Modified: | 06 Apr 2025 14:10 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/43769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |