The Effect of Problem Based Learning Model Assisted with Poster Media on Students’ Critical Thinking Skills

Mayarni, Mayarni The Effect of Problem Based Learning Model Assisted with Poster Media on Students’ Critical Thinking Skills. Thinking Skills and Creativity Journal.

[thumbnail of Publikasi 3 Mayarni_fia_3.pdf]
Preview
Text
Publikasi 3 Mayarni_fia_3.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Kurangnya kemahiran analisis siswa sekolah dasar terlihat dari kurang
terlatihnya siswa dalam menjawab soal-soal kontekstual yang
memerlukan analisis. Oleh karena itu, kemampuan untuk mengevaluasi
pekerjaan siswa secara kritis terbilang terbatas. Penelitian ini bertujuan
untuk melihat dampak dari model pembelajaran PBL yang
menggunakan media poster terhadap pemahaman siswa dalam
menyampaikan pendapat pada pelajaran IPAS sekolah dasar. Riset ini
menggunakan metodelogi kuantitaif eksperimen memakai desain
nonequivalent control grup design. Populasi yang digunakan sebanyak
60 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis
Rational menunjukkan bahwa persen N-Gain pada kelompok
eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan persen N-Gain pada
kelompok kontrol, dengan persen N-Gain kelompok eksperimen sebesar
72,44% lebih unggul dibandingkan dengan persen N-Gain kelompok
kontrol sebesar 38,61%. Abstrak memaparkan secara ringkas tentang
masalah, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Hasil uji paired sample
t-test, ditemukan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Riset
menujukan bahwa penggunaan PBL berbantuan media poster
memberikan umpan balik yang signifikan terkait kemampuan siswa
dalam berpikir kritis. Dari data tersebut dapat dinyatakan bahwa adanya
pengaruh PBL berbantuan media poster mengenai kemampuan untuk
mengamati secara kritis siswa di pelajaran IPAS Kelas V

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Depositing User: Mayarni Mayarni
Date Deposited: 03 Feb 2025 01:14
Last Modified: 03 Feb 2025 01:14
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/42604

Actions (login required)

View Item View Item