Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Konsep Diri Peserta Didik SMP

Tri Widiastuti, Haning Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Konsep Diri Peserta Didik SMP. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling.

[thumbnail of Jurnal Indy.pdf] Text
Jurnal Indy.pdf

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul pada peserta didik yang
berkaitan dengan konsep diri. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan
penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dalam meningkatkan
konsep diri peserta didik di SMPN 9 Tambun Selatan. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif pra-eksperimen model one group pre-test post-test. Berdasarkan analisis statistik
didapatkan nilai sig. sebesar 0.001 untuk mendapatkan titik ‘t’ dengan taraf signifikansi 5%.
df=8-1=7, t0=5,33 dan tt= 2,36. Berdasarkan hasil uji analisis membuktikan bahwa Konseling
Kelompok berpengaruh signifikan dalam meningkatkan konsep diri peserta didik di SMPN 9
Tambun Selatan. Penelitian ini penting dilakukan untuk meningkatkan konsep diri peserta didik,
karena konsep diri positif mampu memberikan dampak baik dalam bidang akademik maupun
sosial

Item Type: Article
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Haning Tri Widiastuti
Date Deposited: 31 Dec 2024 01:53
Last Modified: 31 Dec 2024 01:53
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/40517

Actions (login required)

View Item View Item