EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN

Connie Chairunnisa, Connie (2011) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN. Educatio Indonesiae ( Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan ), 19 (2). pp. 150-157. ISSN 1411-6936

[thumbnail of ARTIKEL JURNAL Educatio (2011).pdf]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL Educatio (2011).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan diberbagai negara dipandang sebagai sarana utama untuk memecahkan
berbagai masalah sosial, dan untuk beberapa masalah tertentu kesejahteraan bangsa dibebankan
ke pundak sekolah dan universitas.
Mutu pendidikan dipengaruhi banyak faktor, yaitu siswa, pengelola sekolah, lingkungan,
kualitas pembelajaran, kurikulum, dan proses pembelajaran
Salah satu faktor yang penting untuk mencapai tujuan pendidikan yang bermutu adalah
proses pembelajaran yang dilakukan, sedangkan salah satu faktor penting untuk efektivitas
pembelajaran adalah faktor evaluasi baik terhadap proses maupun hasil pembelajaran.
Evaluasi dapat mendorong siswa untuk lebih giat belajar secara terus menerus dan juga
mendorong guru untuk lebih meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta mendorong
sekolah untuk lebih meningkatkan fasilitas dan kualitas manajemen sekolah. Namun demikian
untuk mengevaluasi keberhasilan program pembelajaran tidak cukup hanya berdasarkan pada
penilaian hasil belajar siswa saja, tetapi perlu menjangkau terhadap desain program pembelajaran
dan pengembangan instrument evaluasi pendidikan
Penilaian terhadap desain pembelajaran meliputi berbagai aspek, yaitu aspek kompetensi
yang dikembangkan, strategi pembelajaran dan isi dari program.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: admin repository uhamka
Date Deposited: 29 Dec 2017 10:35
Last Modified: 29 Dec 2017 10:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item