Rafzan, R (2022) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PERKULIAHAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS PROJECT CITIZEN DI UNIVERSITAS JAMBI. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Text (Judul Disertasi)
D_PKN_1603353_Title.pdf - Draft Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
D_PKN_1603353_Chapter 1.pdf - Draft Version Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
D_PKN_1603353_Chapter 2.pdf - Draft Version Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
D_PKN_1603353_Chapter 3.pdf - Draft Version Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
D_PKN_1603353_Chapter 4.pdf - Draft Version Restricted to Registered users only Download (842kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
D_PKN_1603353_Chapter 5.pdf - Draft Version Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
D_PKN_1603353_Appendix.Pdf - Additional Metadata Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis project citizen. Metode penelitian yang dipakai menggunakan kuasi-eksperimen (Quasi-experimental). Secara teknis yaitu melibatkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang tidak dipilih secara acak (nonrandom assigment) para partisipan ke dalam dua kelompok.
Pendekatan penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Secara garis besar pendekatan ini digunakan bertujuan untuk membandingkan dua kelas baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen secara statistik, berikutnya untuk melihat perbandingan rata-rata dua kelompok, serta untuk memperoleh hasil secara statistik untuk di analisis. Hasil-hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah: (1) melalui model pembelajaran berbasis project citizen pada mata kuliah wajib umum Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), kemampuan berpikir kritis mahasiswa memperoleh hasil yang lebih baik di bandingkan dengan mahasiswa yang tidak mendapat perlakukan model project citizen; (2) kemampuan berpikir kritis mahasiswa ditinjau dari semua kategori berdasarkan kemampuan awal, yang mendapat perlakuan pembelajaran berbasis model project citizen lebih baik dari mahasiswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; (3) dari setiap kategori yaitu rendah, sedang, dan tinggi, mahasiswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran berbasis project citizenlebih baik dari mahasiswa yang diberikan pembelajaran konvensional; (4) hasil penilaian N-Gain, perolehan dari nilai tersebut memperlihatkan peningkatan berpikir kritis mahasiswa secara keseluruhan lebih baik melalui model pembelajaran berbasis project citizen dari mahasiswa yang diperlakukan konvensional; (5) secara keseluruhan, ditinjau dari setiap kategori rendah, sedang, maupun tinggi, berdasarkan kemampuan awal peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis project citizen juga memperlihatkan hasil yang lebih baik dari pembelajaran konvensional; (6) secara keseluruhan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen memperoleh klasifikasi tinggi baik pada kategori rendah,
sedang maupun tinggi.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pendidikan Kewarganegaraan, Project Citizen
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education |
Depositing User: | Dr Rafzan M.Pd |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 03:49 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 03:49 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/38687 |
Actions (login required)
View Item |