Self-Efficacy Pada Siswa Systematic Literature Review

Dini Chairunnisa, Dini (2024) Self-Efficacy Pada Siswa Systematic Literature Review. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8 (2). pp. 627-639. ISSN 2541-6782

[thumbnail of Self-Efficacy Pada Siswa systematic Literature Review - Januari 2024.pdf]
Preview
Text
Self-Efficacy Pada Siswa systematic Literature Review - Januari 2024.pdf - Other

Download (357kB) | Preview
Official URL: https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5549

Abstract

Dunia pendidikan memegang peranan penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas di masa yang akan datang. Self Efficacy memiliki andil yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran, seseorang akan berupaya memanfaatkan potensi dirinya secara optimal apabila self efficacy–nya mendukung. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana dampak dari Self-efficacy rendah dan Self-efficac tinggi dan faktor-faktor penyebab Self efficacy rendah dan Self-efficacy tinggi pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review. Penelitian ini menghasilkan 1) dampak dari Self-efficacy tinggi siswa mampu beradaptasi karir, prestasi akademik dan minat karir yang lebih baik 2) dampak dari Self-efficacy rendah yaitu siswa melakukan tindakan tidak jujur atau menyontek untuk meraih nilai tinggi 3) Faktor dari self-efficacy adalah prestasi, motivasi akademik, kesuksesan, dan pilihan karier di masa depan dan 4) faktor dari Self-efficacy siswa yang rendah yaitu bingung dengan materi pelajaran yang banyak dan mengeluh dengan soal yang sulit. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu self-efficacy memiliki peran penting dalam proses keberhasilan akademik dan pemilihan karier siswa.

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: M.Pd Dini Chairunnisa Dini
Date Deposited: 28 Aug 2024 10:22
Last Modified: 28 Aug 2024 10:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/38392

Actions (login required)

View Item View Item