PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGEMBANGAN KANTIN SEHAT (THAYYIB) DAN HALAL

Chica Riska Ashari, CRA dan Nursyifa Rahma, Maulida dan Haris Muzakir, SE, M.K.K.K, Muzakir PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGEMBANGAN KANTIN SEHAT (THAYYIB) DAN HALAL. PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGEMBANGAN KANTIN SEHAT (THAYYIB) DAN HALAL. (Unpublished)

[thumbnail of LAPORAN] Text (LAPORAN)
LAPORAN AKHIR - chica - ed.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only until 1 May 2025.

Download (1MB)

Abstract

Konsumsi pangan yang aman, cukup, dan seimbang diperlukan oleh anak karena saat ini berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Anak sekolah seperempat waktunya dihabiskan di sekolah. Hal inilah yang menyebabkan adanya keinginan untuk mengkonsumsi jajanan di lingkungan sekolah karena sebagia besar waktu mereka berada di sekolah. Namun, jajanan atau makanan yang ada di lingkungan sekolah terkadang tidak menjamin kebersihan dan kandungan gizi yang ada pada jajanan tersebut (Syarifuddin, 2022). Selain itu, makanan jajanan yang ditawarkan di sekolah-sekolah semakin beragam. Perkem-bangan tersebut dapat mendorong kebiasaan mengonsumsi makanan jajanan pada anak sekolah, terutama pada jeda jam istirahat. Kondisi di lapangan, masih banyak anak yang belum memiliki kebiasaan mengonsumsi jajanan sehat.
Aspek negatif makanan jajanan yaitu bila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan terjadinya kelebihan asupan energi. Sebuah studi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa anak mengonsumsi lebih dari sepertiga kebu-tuhan kalori sehari yang berasal dari makanan jajanan jenis fast food dan soft drink, sehingga berkontribusi meningkatkan asupan yang melebihi kebutuhan dan menyebabkan obesitas.
Masalah lain pada makanan jajanan berkaitan dengan tingkat keamanannya. Penyalahgunaan bahan kimia berbahaya atau penambahan bahan tambahan pangan yang ti-dak tepat oleh produsen pangan merupakan contoh rendahnya tingkat pengetahuan pro-dusen mengenai keamanan makanan jajanan yang diproduksi. Ketidaktahuan produsen mengenai penyalahgunaan tersebut dan praktik higiene yang masih rendah merupakan faktor utama penyebab masalah keamanan makanan jajanan.
Keamanan pangan jajan anak sekolah, membutuhkan penanganan serius. Salah satu bentuk usaha menangani permasalahan ma-kanan yang dikonsumsi oleh siswa di sekolah seluruh Indonesia adalah dengan pengawasan makanan jajanan anak, penyebab dominan ka-sus anak yang keracunan di sekolah adalah ma-kanan yang dijual oleh pedagang jajanan tidak higeines dalam memenuhi standar kebersihan dan kesehatan. Lemahnya pengawasan jajanan berdampak buruk bagi kesehatan siswa, yang berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuhnya dimasa mendatang (Setyawan, 2014). Salah satu upaya dalam pengawasan keamanan jajanan anak sekolah yaitu dengan Kerjasama antara The Southeast Asian Ministers of Education Organization Region Center for Food and Nutrition (SEAMEO RECFON) berupa pelaksanaan program Nutrition Goes to School (NGTS) dengan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) Jakarta.
Kerjasama ini dilakukan sejak tahun 2020. Salah satu bentuk implementasi MoU ini adalah dengan melaksanakan kolaborasi kegiatan dari SEAMEO RECFON berupa pelaksanaan program Nutrition Goes to School (NGTS) yang merupakan salah satu upaya untuk membentuk sekolah sehat. Di bawah bimbingan dari tim NGTS, guru dan murid dari sekolah terpilih memiliki tambahan wawasan terkait gizi, kebebasan untuk berinovasi, belajar mandiri, dan kreatif. Salah satu sekolah terpilih untuk menjalin kerjasama ini yaitu SD AL-Kautsar Lampung. Namun demikian, belum ada petunjuk teknis (juknis) sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan – kegiatan untuk mewujudkan kerjasama ini. Untuk itu, kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dilakukan untuk Menyusun juknis sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan – kegiatan untuk mewujudkan kerjasama tersebut.

Kata Kunci: Anak sekolah, Kantin, Halal, P, Sehat, Sekolah

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: Chica Riska Ashari
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:23
Last Modified: 13 Aug 2024 08:23
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/37192

Actions (login required)

View Item View Item