Pemanfaatan Bahan Alam untuk Pembuatan Foot Care di SMK Batik 1 Surakarta

Rini Prastiwi, Rini dan Ema Dewanti, Ema dan Vera Ladeska, Vera dan Hadi Sunaryo, Hadi Pemanfaatan Bahan Alam untuk Pembuatan Foot Care di SMK Batik 1 Surakarta. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat.

[thumbnail of 6819-Article Text-28607-1-10-20240727.pdf]
Preview
Text
6819-Article Text-28607-1-10-20240727.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berwirausaha menjadi bagian penting untuk mendidik anak sekolah sejak awal sehingga nantinya setelah lulus diharapkan bisa membuka lapangan kerja untuk dirinya maupun orang lain. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) BATIK 1 menjadi salah satu sekolah yang dituntut bisa menghasilkan tenaga yang terampil dan inovatif. Tuntutan dunia kerja yang keras serta sempitnya lapangan kerja sekarang ini menjadi alasan perlunya kemampuan berwirausaha sejak awal. Bentuk pembelajaran yang berbeda dari yang didapatkan di sekolah akan menjadi bekal baik. Bentuk pelatihan, pendampingan pembuatan suatu produk sampai dengan teknik pemasarannya menjadi hal yang bisa menjadi solusi dalam mengatasi masalah ini. Tim Pengabdian Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) UHAMKA memberikan pelatihan dan pembimbingan pada program keahlian farmasi untuk membuat sediaan foot care, berupa foot sanitizer dan foot lotion. Sediaan yang dibuat berasal dari bahan alam, sereh wangi, ekstrak jahe dan ekstrak kopi. Pelatihan berupa ceramah dan dilanjutkan dengan workshop menghasilkan sediaan foot sanitizer dan foot lotion. Siswa sangat antusias mendapatkan ketrampilan ini karena meningkatkan kemampuan soft skill maupun hard skill siswa dalam memanfaatkan bahan alam menjadi bentuk sediaan yang nantinya akan meningkatkan nilai jual.

Item Type: Article
Subjects: D History General and Old World > Fakultas Farmasi dan Sains
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Furqon FFS
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:03
Last Modified: 13 Aug 2024 06:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/37128

Actions (login required)

View Item View Item