Muljono, Hery Workshop Manajemen Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Media Kahoot Di Pondok Pesantren Al Musthofawiyah, Bogor. https://abdimasmu.uhamka.ac.id/index.php/prosiding/authorDashboard/submission/66. (Unpublished)
Preview |
Text
Prosiding ABDIMAS UHAMKA Manajemen Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Media Kahoot ok.pdf Download (814kB) | Preview |
Text
login_source=%2Findex.php%2Fprosiding%2FauthorDashboard%2Fsubmission%2F66 Download (9kB) |
Abstract
Pondok Pesantren Al Musthofawiyah, Bogor baru berdiri sekitar 9 tahun yang lalu. Dengan fakta ini, salah satu yang kurang dalam manajemen mutu pembelajaran adalah kurangnya diikutsertakan pelatihan para guru dalam berbagai topik pelatihan baik peningkatan kualitas pengajaran maupun pemahaman dan kemahiran menggunakan variasi media evaluasi hasil belajar. Dengan demikian, diperlukan suatu kegiatan untuk membekali para guru dalam meningkatkan kemampuan pengajaran, maupun kemampuan para guru dalam aspek evaluasi pembelajaran. Hal ini diperlukan, agar kualitas proses dan hasil pembelajaran peserta didik di Pondok Pesantren Al Musthafawiyah dapat terukur dan makin menggambarkan kualitas lulusannya baik ditinjau dari aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan.
Berdasarkan hal di atas, maka permasalahan mendasar adalah belum meratanya pengetahuan, pemahaman maupun keterampilan para guru dalam menggunakan variasi media evaluasi pembelajaran dalam melaksanakan tugas mengajar sehari-hari. Dampak yang terjadi, dalam pengajaran para guru kepada peserta didik menghasilkan kejenuhan dan monoton, sehingga mengakibatkan kurang bergairahnya semangat belajar peserta didik, yang berdampak terhadap prestasi belajar yang dihasilkan belum maksimal.
Oleh karena itu diperlukan suatu kegiatan pengabdian masyarakat bagi para guru yang berjudul manajemen evaluasi pembelajaran kahoot. Pada kegiatan workshop Manajemen Evaluasi Pembelajaran dengan Media Kahoot terdapat empat tahap, yakni: tahap pengondisian, tahap eksplorasi, tahap elaborasi dan tahap konfirmasi. Kelemahan di Pesantren Al Musthafawiyah tidak diperkenankan para peserta didik membawa laptop, gadget atau perlengkapan IT lainnya. Dengan kondisi tersebut, para guru mengkondisikan para peserta didik dalam evalusi pembelajaran dengan media kahoot dilakukan di ruang Laboratorium Komputer.
Kata kunci: Manajemen, Evaluasi, Kahoot
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases |
Depositing User: | Hery Muljono |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 23:58 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 23:58 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/3573 |
Actions (login required)
View Item |