Menciptakan Lingkungan Belajar yang Aman Melalui Psikoedukasi Stop Bullying di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Al-Furqon

Eryandra, Alvin dan Wanda Hamidah, Empi dan Karina Rizqita, Mutiara dan Nur Faridha, Erina (2023) Menciptakan Lingkungan Belajar yang Aman Melalui Psikoedukasi Stop Bullying di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Al-Furqon. Carmin: Journal of Community Service, 3 (2). pp. 59-68. ISSN 2809-8242

[thumbnail of Carmin Journal of Community Service, 2023.pdf]
Preview
Text
Carmin Journal of Community Service, 2023.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
Official URL: https://pub.borneorec.com/index.php/carmin/article...

Abstract

Bullying atau perundungan merupakan hal serius yang menjadi perhatian, terutama tingginya fenomena perundungan di lingkungan pendidikan. Dengan segala rasa kemanusiaan dan norma moral, perundungan bukanlah hal yang manusiawi. Melihat fenomena seperti ini, menjadi penting untuk meningkatkan rasa saling menyayangi dan menghormati antar kawan di kalangan siswa di sekolah. Menanamkan pemahaman akan bagaimana menghargai orang lain dan memperlakukannya dengan cara yang manusiawi adalah urgensi yang harus dilakukan terhadap peserta didik. Supaya, peserta didik memiliki kemampuan yang baik dan sesuai martabat manusia dalam bergaul khususnya sesama teman sebayanya. Berdasarkan fenomena yang terjadi, kami mengadakan kegiatan Psikoedukasi Stop Bullying untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Aman. Mitra program pengabdian masyarakat ini adalah Madrasah Aliyah Muhammadiyah Al-Furqon. Kegiatan dilakukan dengan cara pelatihan melalui presentasi dan diskusi. Dengan penuh rasa optimis, kami harap kegiatan ini dapat melahirkan generasi cerdas yang saling menghormati sesama dan memiliki iklim psikososial dalam lingkungan belajar yang suportif.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
Divisions: Fakultas Psikologi
Depositing User: Alvin Eryandra
Date Deposited: 14 May 2024 02:42
Last Modified: 14 May 2024 02:42
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34330

Actions (login required)

View Item View Item