Artikel 1 jurnal pembelajaran nukleus

Mayarni, Mayarni Artikel 1 jurnal pembelajaran nukleus. Uhamka. (Unpublished)

[thumbnail of Artikel 1 jurnal pembelajaran Nukleus] Text (Artikel 1 jurnal pembelajaran Nukleus)
jurnal nukleus terbit 1-3-2022.pdf

Download (756kB)

Abstract

Tujuan diadakan penelitian ini adalah guna melihat pengaruh pembelajaran beserta contoh
pengambilan keputusan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada
materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup di salah satu SMAN di Kota Bekasi.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2017. Menggunakan metode Quasy
Experiment, dengan menggunakan PrePost Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa X MIPA 3 dan MIPA 4 dengan jumlah siswa masing-masing 35 dan 34 siswa. Teknik
untuk mengambil sampel menggunakan random cluster sampling. Alat eksplorasi yang digunakan
adalah tes keterampilan 10 butir yang terintegrasi dengan indikator kemampuan atau
keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai kemampuan atau
keterampilan berpikir kritis pada kelompok eksperimen (=59,74) lebih tinggi daripada pada kelompok
kontrol (=46,08). thitung(3.82) dan ttabel(2.97) diperoleh ketika hipotesis diuji dengan menggunakan
uji-t dengan taraf signifikansi 1% dan model pembelajaran seperti pengambilan keputusan decision
making pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi konservasi
lingkungan di SMA Negeri Bekas

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mayarni Mayarni
Date Deposited: 14 May 2024 02:46
Last Modified: 14 May 2024 02:46
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34301

Actions (login required)

View Item View Item