Peran Sikap Tentang Uang Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Kompulsif Online

Azzahra, Tri Fitra dan Eryandra, Alvin (2021) Peran Sikap Tentang Uang Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Kompulsif Online. In: Prosiding Seminar Nasional Psikologi. Mempersiapkan Generasi Digital Yang Berwatak Sociopreneur: Kreatif, Inisiatif, dan Peduli di Era Society 5.0, 27 Feb 2021, Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of UMBY, 2021.pdf]
Preview
Text
UMBY, 2021.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
Official URL: https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/P...

Abstract

Munculnya istilah pembelian secara online dan adanya kemudahan serta penawaran yang menarik mengakibatkan peningkatan pembelian secara online di Indonesia. Persepsi individu yang berbeda-beda terhadap uang mendorong timbulnya perilaku berbelanja online yang tidak terkontrol. Hal ini menjadi salah satu yang mengindikasikan terjadinya perilaku pembelian kompulsif secara online. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran dari money attitude terhadap pembelian kompulsif yang dilakukan secara online. Power prestige, retention time, distrust, anxiety dan quality merupakan dimensi yang terdapat didalam money attitude yang menjadi faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku pembelian kompulsif secara online. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan metode kuesioner yang disebar secara online. Responden dalam penelitian ini berjumlah 158 orang dan berusia dalam rentang 18 hingga 40 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Money Attitude Scale dan Compulsive Online Shopping Scale. Penelitian ini menggunakan analisa regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara money attitude terhadap pembelian kompulsif secara online. Namun demikian, dalam penelitian ini ditemukan bahwa tidak semua dimensi yang terdapat pada money attitude memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif online. Berdasarkan hasil penelitian, tidak ditemukan pengaruh yang signifikan dari dimensi retention time pada money attitude terhadap perilaku pembelian kompulsif online.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
Divisions: Fakultas Psikologi
Depositing User: Alvin Eryandra
Date Deposited: 10 May 2024 03:09
Last Modified: 10 May 2024 03:09
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34282

Actions (login required)

View Item View Item