Tri Isti Hartini, TIH Artikel 26_2015 Isti Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Uhamka. (Unpublished)
Preview |
Text (Artikel 26_2015 Isti)
#P26_1571.pdf Download (790kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 14 Bekasi Kelas X pada semester genap tahun ajaran
2012/2013, selama 1 bulan dimulai dari bulan April sampai dengan Mei 2013. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode Pre Experimental Design, dengan populasi target penelitian adalah
seluruh siswa SMA Negeri 14 Bekasi, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X-7. Teknik
sampling penelitian menggunakan teknik Purposive Sample (sampel bertujuan) dengan sampel 30 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes uraian yaitu sebanyak 10 soal
yang valid (product moment) dan reliabel (alpha). Perhitungan uji normalitas dengan menggunakan
uji Lilliefors pada taraf 0,05, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Barlet. Dari hasil uji nor-
malitas pada kelas eksperimen didapat Lhitung = 0, 077 dan Ltabel = 0, 161, karena Lhitung < Ltabel,
berarti hipotesis nol (H0) diterima. Dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari pop-
ulasi yang berdistribusi normal. Sedangkan hasil homogenitas diperoleh nilai X2
hitung = 10, 4208 dengan
X2
tabel = 42, 557 pada taraf signifikan 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data homogen. Berdasarkan
nilai yang didapat dari tabel t dengan taraf signifikasi � = 0, 05 dan derajat kebebasan dk = 29 didapat
ttabel = 1, 700. Karena thitung > ttabel = 2, 789 > 1, 700 maka H0 ditolak. Dengan demikian H1 diterima
yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran MEA terhadap hasil belajar
fisika.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Tri Isti Hartini |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:37 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:37 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34102 |
Actions (login required)
View Item |