Artikel 14_2019 Isti Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis GameMaker: Studio Berbantu Permainan Ular Tangga pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar

Tri Isti Hartini, TIH Artikel 14_2019 Isti Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis GameMaker: Studio Berbantu Permainan Ular Tangga pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar. Uhamka. (Unpublished)

[thumbnail of Artikel 14_2019 Isti]
Preview
Text (Artikel 14_2019 Isti)
#P14_1571.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terbatasnya jumlah media pembelajaran fisika berbasis teknologi di SMA. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika dalam bentuk aplikasi GameMaker: Studio
pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan menggunakan model ADDIE. Pada tahap analisis, dilakukan kegiatan analisis masalah dan analisis
kebutuhan. Pada tahap desain, desain media pembelajaran dibuat kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli
media. Pada tahap implementasi, media pembelajaran diuji cobakan pada kelompok kecil dengan responden 15,
dan uji kelompok besar dengan responden 72. Tahap evaluasi dilakukan dengan menganalisis data validasi ahli,
uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Data yang diperoleh melalui metode observasi dianalisis secara
deskriptif kualitatif. Sedangkan data validasi dianalisis secara deskripstif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rata-rata
ahli 94,67% (Sangat Baik), uji kelompok kecil 76,33% (Baik) dan uji kelompok besar 83,28% (Good). Sehingga
dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini layak digunakan untuk pembelajaran fisika.

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Tri Isti Hartini
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:37
Last Modified: 24 Apr 2024 03:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34082

Actions (login required)

View Item View Item