Tri Isti Hartini, TIH Artikel 13_2020 Isti PENGARUH PEMBERIAN SOAL HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) BERBASIS HIPOTESIS DEDUKTIF PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR 2 TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Uhamka. (Unpublished)
Preview |
Text (Artikel 13_2020 Isti)
#P13_1571.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh Pemberian Soal Hots (High
Order Thinking Skill) Berbasis Hipotesis Deduktif Pada Mata Kuliah Fisika Dasar 2
Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Metode penelitian menggunakan mixed method.
Peneliti pertama kali mengembangkan produk (Research and Development) berupa soalsoal
HOTS berbasis hipotesis deduktif dalam mata kuliah fisika dasar 2, setelah soal
dikembangkan dan divalidasi, kemudian diimplementasikan dalam pembelajaran dan
penilaian (eksperimen). Teknik validasi yaitu meminta kepada ahli/expert, dalam hal ini
sebagai validator, untuk memeriksa ketepatan dan memberikan penilaian antara
kesesuaian butir soal dengan indikator-indikatornya dan redaksi penulisan soal.
Berdasarkan hasil validasi oleh ahli evaluasi diperoleh rata-rata persentase penilaian
keseluruhan aspek adalah 83,33 %, hasil validasi oleh ahli materi diperoleh rata-rata
persentase penilaian keseluruhan aspek adalah 78,33 %. Berdasarkan hasil uji coba
lapangan, diperoleh rata-rata persentase penilaian keseluruhan aspek adalah 81,67 %.
Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa soal HOTS yang dikembangkan layak
digunakan sebagai alat penilaian pada perkuliahan fisika dasar 2. Pengaruh soal HOTS
berbasis hipotesis deduktif terhadap hasil belajar mahasiswa dapat dilihat dengan
menggunakan indeks Gain. Dalam penelitian ini, nilai indeks Gain sebesar 0,52, yang
menunjukkan bahwa efektifitas pemberian soal HOTS berbasis hipotesis deduktif
terhadap hasil belajar mahasiswa dalam rentang sedang.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Tri Isti Hartini |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:37 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:37 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34081 |
Actions (login required)
View Item |