Tri Isti Hartini, TIH Artikel 8_2019 Isti EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI GAYA SENTRAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA. Uhamka. (Unpublished)
Preview |
Text (Artikel 8_2019 Isti)
#P8_1571.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep dan
efektivitas penerapan pembelajaran berbasis multipel representasi terhadap
penguasaan konsep materi gaya sentral pada mahasiswa pendidikan fisika. Subjek
penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 yang berjumlah 32 orang. Rancangan
penelitian yang dilakukan yaitu pre experimental dalam bentuk one shot case study.
Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar
penguasaan konsep gaya sentral mahasiswa yang sesuai dengan indikator
pemahaman konsep menggunakan Anderson and Krathwohl Bloom’s Taxonomy
Revised. Data dianalisis melalui teknik analisis deksriptif tentang penguasaan
konsep gaya sentral mahasiswa dengan menggunakan kriteria penguasaan konsep
dan efektivitas pembelajaran menggunakan multipel representasi (MR). Hasil
penelitian ini didapatkan nilai rata-rata untuk penguasaan konsep gaya sentral, dari
seluruh indikator yaitu menjelaskan dan mencontohkan, mengklasifikasi,
menganalisis, membandingkan serta mengevaluasi, diperoleh bahwa indikator
dengan penguasaan konsep tertinggi terdapat pada indikator mengklasifikasikan
dengan kategori sangat baik, sedangkan penguasaan konsep terendah terletak pada
indikator membandingkan, dengan kategori cukup. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran mekanika berbasis multipel
representasi efektif diterapkan pada materi gaya sentral mahasiswa pendidikan
fisika.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Tri Isti Hartini |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:36 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:36 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34076 |
Actions (login required)
View Item |