Endin Nokik Stujanna, Endin dan Zainal Abidin, Zainal EDUKASI PENGENDALIAN STRESS DENGAN MENGAJI METODE DEMAJI PADA PESERTA POS SEHATMU PCM/PCA CILEDUG, TANGERANG. Project Report. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Text
Pengmas_Laporan 70%_Edukasi Pengendalian Stres dengan DEMAJI.docx Download (13MB) |
Abstract
Kehidupan masyarakat modern saat ini cenderung sedentary lifestyle yang berakibat pada faktor-faktor risiko terjadinya penyakit. Selain perilaku merokok, konsumsi alkohol, kurang aktifitas fisik, diet yang tidak seimbang, bahkan kondisi stress. Menurut Kementerian Kesehatan RI, stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala, diabetes mellitus, tekanan darah tinggi, gangguan tidur, stroke, obesitas, asma, depresi, penuaan dini, mudah terinfeksi, disfungsi seksual, penyakit jantung, syndrome dyspepsia, penyakit Alzheimer, bahkan kematian. Upaya pengendalian stress dapat dilakukan dengan cara mendengarkan musik, mengobrol dengan teman, menonton film komedi, minum teh hijau, berolahraga, tidur dengan cukup, teknik pernapasan dalam, meditasi, menjalani hobi, bahkan dengan membaca Al-Qur’an. Tujuan program ini sebagai upaya pengendalian stress di masyarakat dengan cara membaca Al-Qur’an melalui metode DEMAJI. Sebuah penelitian Dian et al (2018), membaca Al-Qur’an memiliki efektifitas menurunkan tingkat stres pada kelompok eksperimen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kebumen. Sebelum dan sesudah edukasi, ditemukan peningkatan pengetahuan dalam membaca Al-Qur’an dengan metode DEMAJI. Skor nilai yang didapatkan rerata 78,5 saat pretest dan meningkat rerata 89,2 saat post-test. Selain itu, metode ini memberikan kemudahan dalam membaca Al-Quran serta menyenangkan.
Kata kunci: Stress, Al-Quran, Demaji
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | A General Works R Medicine |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran |
Depositing User: | Endin Nokik Stujanna |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 06:22 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 06:22 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/33147 |
Actions (login required)
View Item |