Review: Komunikasi Terapeutik dan Komunikasi Situation, Background, Assessment, Recommendation (SBAR) di Pelayanan Kesehatan

Retno Mardhiati A, RMI Review: Komunikasi Terapeutik dan Komunikasi Situation, Background, Assessment, Recommendation (SBAR) di Pelayanan Kesehatan. JURNAL ILMIAH KESETAHAN MASYARAKAT DAN SOSIAL, 1 (4). pp. 1-6. ISSN 2964-3155

[thumbnail of Artikel Komunikasi.pdf]
Preview
Text
Artikel Komunikasi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak faktor yang mendukung kesembuhan pasien di pelayanan kesehatan,
tidak hanya berkaitan dengan ketepatan diagnosis dan pengobatan yang diberikan oleh
tim medis, namun psikis pasien yang nyaman karena adanya komunikasi yang baik
selama berobat di pelayanan kesehatan juga mendukung kesembuhan pasien. Tujuan
penelitian ini menggambarkan beberapa metode komunikasi di pelayanan kesehatan.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini, pengumpulan referensi dalam bentuk artikel
yang berkaitan dengan komunikasi di pelayanan kesehatan dari Google. Kata kunci yang
digunakan komunikasi kesehatan dan Healthcare Communication. Penelitian ini berjenis
penelitian literatur, penyajian dengan menampilkan hasil review. Analisis penelitian
dengan analisis deskriptif. Hasil menemukan komunikasi yang ada dalam pelayanan
Kesehatan, antara pasien dengan tim medis dan antara tim medis dengan tim medis di
pelayanan kesehatan. Komunikasi terapeutik mampu meningkatkan kepuasan pasien dan
memberikan ketenangan pasien beserta keluarga. Komunikasi Situation, Background,
Assessment, Recommendation (SBAR) yang baik, meningkatkan motivasi kerja tim
medis dan membangun kekompakan kerja tim medis. Implikasi penelitian ini, dasar
pengembangan metode komunikasi di pelayanan kesehatan yang lebih baik

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Retno Mardhiati
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:52
Last Modified: 19 Jan 2024 06:52
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30714

Actions (login required)

View Item View Item