ANALISIS PEMELIHARAAN BERKALA GENERATOR SET TERHADAP TINGKAT KETERSEDIAAN DAN KEHANDALAN

Afriliani, Marsya Artemia (2023) ANALISIS PEMELIHARAAN BERKALA GENERATOR SET TERHADAP TINGKAT KETERSEDIAAN DAN KEHANDALAN. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of Undergraduate Thesis]
Preview
Archive (Undergraduate Thesis)
Marsya Artemia A_ Analisis Generator Set_2023.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://ft.uhamka.ac.id/prodi/elektro/

Abstract

Generator Set sebagai sumber listrik cadangan yang harus selalu standby untuk menopang beban jika terjadi pemadaman listrik PLN. Mengingat peralatan pembangkit listrik penting sebagai sumber daya cadangan, maka perlu dilakukan evaluasi efisiensi genset melalui analisis pemeliharaan rutin harian, bulanan dan tahunan untuk meningkatkan kehandalan, ketersediaan dan kesehatan operasional genset. Kesiapan yang menjelaskan batasan izin operasi pembangkit di atas 200 KVA, harus ada izin operasi jasa ESDM dengan masa berlaku 5 tahun. Pendataan dan perizinan pembangkit pembangkit listrik dilakukan sesuai dengan Permen ESDM No. 29 Tahun 2012 tentang kapasitas produksi tenaga listrik untuk kepentingan sendiri dan berdasarkan izin operasi, UU Ketenagalistrikan No. 30 Tahun 2009 dan PP No. 14 Tahun 2012 tentang penyediaan tenaga listrik, dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menerbitkan Peraturan SKEP/157/IX/03 tentang petunjuk pemeliharaan dan pelaporan peralatan elektronik dan listrik, termasuk penilaian kinerja peralatan
elektronik dan peralatan listrik untuk menentukan ketersediaan dan keandalan peralatan. terkait dengan pemeliharaan listrik fasilitas penerbangan. Untuk mendapatkan nilai availability level dan reliability level dilakukan perhitungan sebagai berikut: Specified Operating Time (SOT), Actual Operating Time (AOT), Mean Time Between Failures (MTBF)Probabilitas dan Ketersediaan. Setelah melakukan perhitungan, ditentukan ketersediaan dan keandalan rata-rata dari masing-masing pembangkit (genset).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Harry Ramza
Date Deposited: 28 Dec 2023 09:37
Last Modified: 28 Dec 2023 09:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30547

Actions (login required)

View Item View Item