Embedding Religious Character Values in Science Learning at SDS Muhammadiyah 4 Jakarta

Zulfadewina, Zulfadewina dan septi Fitri Meilana, UHAMKA (2023) Embedding Religious Character Values in Science Learning at SDS Muhammadiyah 4 Jakarta. [Teaching Resource]

[thumbnail of Embedding Religious Character Values in Science Learning at SDS Muhammadiyah 4 Jakarta]
Preview
Text (Embedding Religious Character Values in Science Learning at SDS Muhammadiyah 4 Jakarta)
SK dan Jurnal Embedding Religious Character Values in Science Learning at SDS.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/vie...

Abstract

Penanaman nilai karakter religius dalam proses pembelajaran IPA merupakan suatu keharusan bagi guru. Riset ini bermaksud guna mengetahui penanaman nilai karakter religius dalam pembelajaran IPA di SDS Muhammadiyah 4 Jakarta. Prosedur yang dipakai merupakan cara deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan angket tentang karakter religius siswa. Subjek riset ini yaitu seluruh kelas IV berjumlah 16 siswa, 3 guru IPA, dan wali kelas. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2022 – Januari 2023. Analisis data yang digunakan menggunakan Miles Hubernman. Bersumber pada hasil riset dapat disimpulkan jika keterampilan guru pada melakukan kegiatan belajar mengajar IPA berbasis karakter religius di SDS Muhammadiyah 4 Jakarta sangat baik. Dimana seluruh guru yang diampu telah sanggup menghasilkan nilai-nilai kepribadian religius. Ada pula anjuran pada pihak terikat baik kepala sekolah ataupun kemendikbud agar sanggup membagikan training untuk guru guna dapat meningkatkan kegiatan belajar mengajar yang mengarah dalam penanaman nilai- nilai karakter siswa alhasil guru dapat dengan mudah mengimplementasikannya di dalam kelas.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Zulfadewina Zulfadewina
Date Deposited: 28 Dec 2023 09:33
Last Modified: 28 Dec 2023 09:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30469

Actions (login required)

View Item View Item