Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Investment Opportunity Set terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Konsumsi Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2021)

Annisa Fidin, Qoria (2023) Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Investment Opportunity Set terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Konsumsi Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2021). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of S02A-23041 qoria annisa FEB_AKUNTANSI_1902015090_QORIA ANNISA FIDIN -.pdf]
Preview
Text
S02A-23041 qoria annisa FEB_AKUNTANSI_1902015090_QORIA ANNISA FIDIN -.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme Good
Corporate Governance, pengungkapan Corporate Social Responsibility dan
Investment Opportunity Set terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Konsumsi
Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2021).
Variabel yang diteliti adalah kepemilikan institusional, kepemilikan
manajerial, pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Investment
Opportunity Set sebagai variabel independen dan nilai perusahaan sebagai variabel
dependen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 data yang terdiri dari 14
perusahaan konsumsi sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021 dan menggunakan metode purposive
sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan
dan laporan tahunan perusahaan konsumsi sub sektor makanan dan minuman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kepemilikan
manajerial berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikan sebesar
0,000 < 0,05, pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh terhadap
nilai perusahaan dengan nilai signifikan sebesar 0,031 < 0,05, dan investment
opportunity set dengan menggunakan MVBVA berpengaruh terhadap nilai
perusahaan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan secara parsial
kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai
signifikan sebesar 0,9629 > 0,05. Hasil penelitian secara simultan variabel
kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, pengungkapan corporate social
responsibility, dan investment opportunity set berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil koefisien
determinasi, nilai Adjusted R-squared sebesar 0.992175 atau sebesar 99,2%. Hal
ini membuktikan bahwa variabel-variabel independen yang ada kepemilikan
institusional, kepemilikan manajerial, pengungkapan corporate social
responsibility, dan investment opportunity set mampu menerangkan variabel
dependen (nilai perusahan) sebesar 99,2% sedangkan 0.8% sisanya dipengaruhi
oleh variabel lain selain variabel penelitian.
Dari hasil penelitian ini penulis memberikan saran-saran untuk
mengembangkan penelitian ini dengan menambah atau mengganti populasi dan
sampel, menggunakan proksi yang berbeda untuk seluruh variabel yang ada dalam
penelitian ini atau bisa juga dengan menambahkan variabel lain yang tidak
dipergunakan dalam penelitian ini, serta terdapat beberapa saran yang ditujukan
kepada perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:44
Last Modified: 16 Nov 2023 02:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30137

Actions (login required)

View Item View Item