Pengaruh Kebiasaan Belajar Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19

Wulandari, Oktaviani Ayu dan Nurmawati, Nurmawati (2021) Pengaruh Kebiasaan Belajar Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of Oktaviani Ayu Wulandari.pdf]
Preview
Text
Oktaviani Ayu Wulandari.pdf

Download (786kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dalam jaringan (daring) terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA dalam menyusun skripsi dimasa pandemi Covid-19 Angkatan 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kolerasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling.
Pada uji validitas dengan menggunakan kolerasi product moment sebanyak 40 item soal dengan 36 soal valid dan 4 soal dinyatakan tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach memperoleh 0,894, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas diperoleh kebiasaan belajar 0,200 > 0,05 dan hasil belajar 0,200 > 0,05, maka semua variabel penelitian mempunyai nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (sig>0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa kelompok data variabel X dan variabel Y berdistribusi normal.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian ini yang menunjukkan pengaruh kebiasaan belajar dalam jaringan (daring) terhadap hasil belajar mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2018 di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA berdasarkan uji kolerasi menunjukkan pengaruh negatif sebesar -0,229 dengan angka signifikansi senilai 0,07 yang berarti bahwa meskipun terdapat korelasi namun tidak signifikan atau sangat rendah. Hal ini juga ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,053 atau hanya 5,3 % kebiasaan belajar dalam jaringan (daring) mempengaruhi hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:16
Last Modified: 19 Dec 2023 05:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30090

Actions (login required)

View Item View Item