Perbedaan Tingkat Empati Antara Laki-Laki Dan Perempuan (Studi Terhadap Mahasiswa BK FKIP UHAMKA)

Niga, Oktavia dan Rahmiati, Rahmiati (2021) Perbedaan Tingkat Empati Antara Laki-Laki Dan Perempuan (Studi Terhadap Mahasiswa BK FKIP UHAMKA). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of Oktavia Niga.pdf]
Preview
Text
Oktavia Niga.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan empati antara laki-laki dan perempuan mahasiswa BK FKIP UHAMKA. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif BK FKIP UHAMKA. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional stratified random sampling.
Pada uji validitas dengan menggunakan Product Moment Correlation sebanyak 54 item pertanyaan diperoleh 27 item valid dan 27 item tidak valid. Sedangkan pada uji realibilitas menggunakan Alpha Cronbach diperoleh nilai 0,873, maka realibilitas dari instrumen masuk dalam kategori tinggi.
Selanjutnya data dari masing-masing sampel dianalisis dengan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dengan sig. > 0.05, pada mahasiswa laki-laki diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,088 dan pada mahasiswa perempuan diperoleh nilai 0,082, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan Levene Statistic dengan sig. > 0,05 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,941, maka dapat disimpulkan bahwa data memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen.
Pada uji hipotesis menggunakan rumus T-test yaitu Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,622. Adapun ketentuan sig > 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan empati antara laki-laki dan perempuan mahasiswa BK FKIP UHAMKA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:16
Last Modified: 19 Dec 2023 05:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30089

Actions (login required)

View Item View Item