Jamil, Nur Aisah dan Sagita, Dony Darma (2021) Hubungan Resiliensi Dengan Efikasi Diri Akademik Siswa SMA Negeri 1 Ciruas Dimasa Pandemi COVID-19. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.
Preview |
Text
Nur Aisah Jamil.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Siswa mengahadapi masalah akademik dan non akademik. Siswa membutuhkan efikasi diri akademik dan resiliensi agar siswa dapat menyelesaikan masalah dalam belajar untuk meraih prestasi. Penelitian bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang hubungan resiliensi dengan efikasi diri akademik siswa SMA Negeri 1 Ciruas dimasa pandemi COVID-19. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi berjumlah 956 siswa dan diketahui sampel penelitian menggunakan rumus Slovi berjumlah 282 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Probabily Sampling dengan teknik Stratified Random Sampling. Alat ukur penelitian yaitu Skala Efikasi Diri Akademik (18 aitem, α = 0,912) dan Resiliensi (20 aitem, α = 0, 944). Data dianalisis dengan menggunakan Product Moment. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji linearitas.
Hasil analisis menunjukan nilai koefisien sebesar 0,611 dengan p = 0,000 (p<0.05), artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel resiliensi dengan efikasi diri akademik. Hasil penelitian diperoleh resiliensi yang dimiliki siswa termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 47,5, yang berarti kemampuan siswa dalam mengatur emosi, melakukan aktivitas, optimis, menganalisis masalah, bersikap empati, keyakinan diri dan keinginan mencapai sesuatu sudah sangat bagus. Efikasi diri akademik siswa termasuk kategori sedang dengan nilai 40,9, berarti kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas yang sulit, menguasai pengetahuan umum, dan kekuatan menyelesaikan tugas sudah cukup baik. Kesimpulan penelitian semakin baik kemampuan resiliensi, maka semakin baik juga efikasi diri akademik pada siswa SMA ditengah Pandemi COVID-19.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 05:16 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 05:16 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30084 |
Actions (login required)
View Item |