Implementasi Konseling Naratif Bagi Konseli Yang Mengalami Konflik Kemandirian Sama Dengan Novel Haru No Sora Karya Laili Muttamimah

Yulinda, Mukhlisa dan Marsinun, Rahmiwati (2021) Implementasi Konseling Naratif Bagi Konseli Yang Mengalami Konflik Kemandirian Sama Dengan Novel Haru No Sora Karya Laili Muttamimah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of Mukhlisa Yulinda.pdf]
Preview
Text
Mukhlisa Yulinda.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi seorang remaja yang ditinggal mati orangtuanya akan menimbulkan berbagai konflik yang terjadi pada masa depan remaja, seperti masalah kemandirian. Melihat dampak yang ditimbulkan dengan adanya masalah kemandirian pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konseling naratif pada subjek yaitu seorang remaja terkait kemandirian sama dengan novel Haru No Sora. Sasaran penelitian ini yaitu konflik batin dalam kemandirian remaja yang timbul karena ditinggal mati oleh orangtua. Data dalam penelitian ini adalah subjek yang mengalami masalah kemandirian. Sumber data penelitian ini yaitu, sumber data primer berupa Novel Haru No Sora Karya Laili Muttamimah, dan sumber data sekunder penelitian ini berupa buku-buku yang berisi informasi mengenai psikologi kepribadian, dan psikologi perkembangan yang memuat kemandirian remaja. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini didapatkan subjek secara mental dan psikologis belum mampu menerima keadaan keluarganya semenjak kematian sang ibu. Pada hasil konseling dengan pendekatan konseling naratif, subjek cenderung merasa putus asa, kecewa, dendam, dan marah, hal ini karena kurangnya pengawasan orang tua, kurangnya bimbingan agama, kurang pengetahuan mengenai tugas perkembangan remaja dan kurangnya pengetahuan orang tua terhadap cara pola asuh anak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:16
Last Modified: 19 Dec 2023 05:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30081

Actions (login required)

View Item View Item