Pengaruh Financial Literacy, Financial Attitude, Dan Locus Of Control Terhadap Financial Management Behavior Generasi Z

Mardiana, Elda (2023) Pengaruh Financial Literacy, Financial Attitude, Dan Locus Of Control Terhadap Financial Management Behavior Generasi Z. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of FEB_MNJ_1902025020_Elda Mardiana.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1902025020_Elda Mardiana.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Financial Literacy, Financial Attitude, dan Locus of Control terhadap Financial Management Behavior Generasi Z di DKI Jakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z di DKI Jakarta. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Responden yang diteliti sebanyak 300 Generasi Z dengan menggunakan metode Accidental Sampling dengan kriteria Generasi Z kelahiran tahun 1996-2013. Memiliki tingkat pendidikan minimal SMA/SMK Sederajat, Generasi Z yang Berdomisili di DKI Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah Statistik Deskriptif, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Statistik f, Uji Statistik t dan Uji Koefisien Determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Financial Literacy tidak berpengaruh terhadap Financial Management Behavior. Financial Attitude tidak berpengaruh terhadap Financial Management Behavior. Locus of Control berpengaruh terhadap financial Management Behavior. Sedangkan secara bersamaan Financial Literacy, Financial Attitude, dan Locus of Control berpengaruh terhadap financial Management Behavior. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,280 atau 28% sedangkan sisanya 72% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian ini seperti, Pengalaman keuangan, Gaya hidup, dan Efikasi diri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 30 Oct 2023 03:01
Last Modified: 30 Oct 2023 03:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29835

Actions (login required)

View Item View Item