Chants Dalam Tradisi Suporter Persija Jakarta (Studi Etnografi Komunikasi)

Anhaqi, Nitya Ishmata (2021) Chants Dalam Tradisi Suporter Persija Jakarta (Studi Etnografi Komunikasi). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1406015091_NITYA ISHMATA ANHAQI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1406015091_NITYA ISHMATA ANHAQI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana studi etnografi komunikasi memahami penggunaan Chants dalam tradisi The Jakmania yang meliputi kapan, dimana mereka menggunakannya. Serta untuk mengetahui fungsi, makna serta pola dalam tradisi Chants The Jakmania Chants atau bernyanyi merupakan ritual utama yang dilakukan oleh suporter sepakbola saat mendukung klub sepakbola kebanggaannya. Setiap suporter sepakbola memiliki tradisi Chants-nya masing-masing namun kebanyakan suporter masih memandang Chants bersifat universal dalam arti mereka bebas menyanyikan lagu (Chants) yang sudah lebih dulu diciptakan baik oleh musisi populer maupun kelompok suporter sepakbola lain. The Jakmania selaku suporter Persija Jakarta memulai tradisi Chants-nya sejak pertama kali mereka berdiri dan sepanjang tahun The Jakmania berdiri mereka bertransformasi dalam mengembangkan tradisi Chants tersebut. Mereka mulai meninggalkan pandangan bahwa Chants bersifat universal dan mulai memandang bahwa Chants adalah sebuah proses kreatif disamping bentuk mengekspresikan rasa cinta, bangga dan semangat yang mereka miliki. Rumusan masalah skripsi ini adalah bagaimana Chants digunakan serta fungsi, pola komunikasi dan makna yang terdapat dalam tradisi Chants suporter Persija Jakarta. Paradigma dalam penelitian adalah konstruktivis, pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah Teori Interpretasi Budaya. Metode yang digunakan etnografi komunikasi. teknik pengumpulan data observasi partisipan dan wawancara mendalam.
Hasil penelitian ini adalah bahwa Chants merupakan aktivitas bernyanyi yang dilakukan The Jakmania selaku suporter Persija Jakarta sepanjang waktu saat Persija Berlaga. Menyanyikan Chants adalah cara bagi The Jakmania meluapkan semangat, menunjukan identitas serta menyampaikan pesan mereka terhadap Persija. Untuk penelitian selanjutnya disarankan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes sehingga peneliti dapat mengetahui makna denotasi dan konotasi pada teks Chants suporter sepakbola.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 27 Oct 2023 04:01
Last Modified: 27 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29811

Actions (login required)

View Item View Item