PERSONAL BRANDING INFLUENCER SYIFA AULIA PUTRI MELALUI MEDIA SOSIAL TIK TOK (Analisis Isi Pada Akun Tik Tok @Syifaptr17)

Citradewi, Aninda (2022) PERSONAL BRANDING INFLUENCER SYIFA AULIA PUTRI MELALUI MEDIA SOSIAL TIK TOK (Analisis Isi Pada Akun Tik Tok @Syifaptr17). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1706015072_ANINDA CITRADEWI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1706015072_ANINDA CITRADEWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Personal branding merupakan merk pribadi kita, bagaimana kita ingin dilihat oleh orang lain, bagaimana kesan orang lain terhadap diri kita. Dengan memperkuat personal branding maka orang lain akan melihat kita dengan unik dan berbeda dari kebanyakan orang. Dalam melakukan personal branding dapat dilakukan dimana pun, salah satunya memanfaatkan aplikasi Tik Tok. Aplikasi yang pada awal kemunculannya ini dipandang negatif oleh masyarakat, kini mampu menjadi aplikasi yang dapat digunakan untuk sarana informasi dan membangun citra diri yang positif. Hal ini pula yang dilakukan Syifa Aulia Putri dalam akun Tik Tok miliknya yang menampilkan berbagai informasi seputar perkuliahan yang tentunya membantu masyarakat khususnya para mahasiswa. Penelitian ini mengkaji bagaimana pembentukan personal branding Syifa Aulia Putri pada akun Tik Tok @Syifaptr17. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif dan menggunakan metode analisis isi dengan teknik dokumentasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan teori personal branding Peter Montoya yang terdapat 8 hukum pembentukan personal branding pada diri seseorang. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teori manajemen kesan dari Erving Goffman yang dimana terdapat pengelolaan kesan terbentuk ketika individu berinteraksi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa personal branding yang dibangun oleh Syifa Aulia Putri telah memenuhi 7 dari 8 hukum personal branding yng digagas Peter Montoya yaitu Spesialisasi, Kepribadian, Perbedaan, Terlihat, Kesatuan, Keteguhan dan nama baik. Selain itu, branding yang dilakukan pun sesuai dengan strategi pengelolaan kesan Erving Goffman, yaitu menampilkan hal positif, promosi diri dengan pemberian contoh dan juga bagaimana strategi penampilan diri. Hal ini semakin menjadi kekuatan sehingga Syifa bisa dikenal masyarakat sebagai konten kreator tentang perkuliahan. Penelitian mendatang diharapkan dapat menggali lebih jauh terhadap bagaimana branding influencer maupun tokoh-tokoh masyarakat di media sosial

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:43
Last Modified: 26 Oct 2023 03:43
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29775

Actions (login required)

View Item View Item