Kekerasan Seksual Pada Perempuan Usia Pelajar Dalam Film 27 Step Of May (Analisis Isi Kualitatif)

Prakoso, Bagus (2022) Kekerasan Seksual Pada Perempuan Usia Pelajar Dalam Film 27 Step Of May (Analisis Isi Kualitatif). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1606015107_BAGUS PRAKOSO.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1606015107_BAGUS PRAKOSO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Film merupakan pesan komunikasi dari realitas kehidupan, karena film membentuk realitas berdasarkan kode-kode, konvensi-konvensi dan idelogi dari kebudayaan. Film yang menggambarkan kekerasan terhadap perempuan usia pelajar bertujuan untuk menunjukkan trauma dari korban perkosaan serta menunjukkan bentuk-bentuk perkosaan pada perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan kekerasan seksual pada perempuan usia pelajar dalam film 27 Steps of May berdasarkan analisis isi kualitatif.
Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Obyek penelitian adalah kekerasan seksual pada perempuan usia pelajar dalam film 27 Steps of May. Pengamatan dilakukan pada 5 schene yang memuat nilai-nilai kekerasan terhadap perempuan usia pelajar. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis isi kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 scene pada Film 27 Steps of May ditemukan kekerasan seksual pada perempuan usia pelajar, yaitu ditunjukkan dengan tindakan perkosaan, pelecehan, pemaksaan, intimidasi seksual dan pembunuhan karakter. Film 27 Steps of May menampilkan kekerasan seksual pada perempuan pelajar yang berdampak tidak hanya ketika terjadi perkosaan namun juga pasca perkosaan. Untuk itu harus ada edukasi melalui film dan media sosial kepada masyarakat tentang bahaya kekerasan seksual dan pentingnya masyarakat melakukan pencegahan dan pendampingan terhadap para korban sekaligus mendorong penghukuman terhadap perlaku perkosaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 25 Oct 2023 08:30
Last Modified: 25 Oct 2023 08:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29752

Actions (login required)

View Item View Item