PELANGGARAN KODE ETIK JURNALISTIK (KEJ) PADA PEMBERITAAN KEKERASAN SEKSUAL DI MEDIA DARING SINDONEWS.COM (Analisis Isi Kualitatif Berita Kekerasan Seksual terhadap Perempuan Edisi Januari – Mei 2021)

Arianti, Febry (2022) PELANGGARAN KODE ETIK JURNALISTIK (KEJ) PADA PEMBERITAAN KEKERASAN SEKSUAL DI MEDIA DARING SINDONEWS.COM (Analisis Isi Kualitatif Berita Kekerasan Seksual terhadap Perempuan Edisi Januari – Mei 2021). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1706015258_FEBRY ARIANTI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1706015258_FEBRY ARIANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maraknya pemberitaan kekerasan seksual terhadap perempuan di media daring menimbulkan kekhawatiran. Pemberitaan kekerasan seksual terhadap perempuan sering kali tidak memperhatikan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Seperti salah satunya pemberitaan kekerasan seksual terhadap perempuan di Sindonews.com. Penelitian ini membahas tentang pelanggaran Kode Etik Jurnalistik (KEJ) pada Berita Kekerasan Seksual di Media Daring Sindonews.com (Analisis Isi Kualitatif Berita Kekerasan terhadap Perempuan Edisi Januari-Mai 2021). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelanggaran Kode Etik Jurnalistik apa saja yang terjadi pada pemberitaan kekerasan seksual di media daring Sindonews.com.
Paradigma penelitian ini adalah konstruktivis. Pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori isi media. Metode yang di gunakan adalah analisis isi kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 6 berita kekerasan seksual, yang melanggar Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Hasil Penelitian di atas menunjukan bahwa media daring Sindonews.com masih melanggar Kode Etik Jurnalistik (KEJ).
Kontribusi penelitian ini secara akademik bisa menjadi masukan bagi Ilmu Komunikasi dalam mengkaji isi pesan media,secara metodologis mampu melihat kesesuaian berita kekerasan seksual terhadap perempuan dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Secara sosiologis menyadarkan masyarakat untuk lebih empati terhadap pemberitaan tentang perempuan dan secara praktis dapat memberikan kritik dan saran bagi Sindonews.com dalam menyajikan pemberitaan tentang perempuan. Pelanggaran

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:36
Last Modified: 25 Oct 2023 07:36
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29751

Actions (login required)

View Item View Item