Desakralisasi Budaya Jawa Dalam Video Klip (Analisis Isi Terhadap Video Klip Lathi – Weird Genius Ft. Sara Fajira Dan Long As I Get Paid – Agnez Mo)

Rahmah, Mutia (2021) Desakralisasi Budaya Jawa Dalam Video Klip (Analisis Isi Terhadap Video Klip Lathi – Weird Genius Ft. Sara Fajira Dan Long As I Get Paid – Agnez Mo). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1706015238 MUTIA RAHMAH.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1706015238 MUTIA RAHMAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Video klip Lathi – Weird Genius ft. Sara Fajira dan Long As I Get Paid mengangkat unsur kebudayaan Jawa yang dipadukan dengan nilai-nilai kebudayaan Barat. Salah satunya dalam video klip Lathi, dimana adegan tari Kuda Lumping diiringi dengan alunan musik Electronic Dance Music (EDM), sedangkan dalam video klip Long As I Get Paid – Agnezmo, ia mengenakan baju Batik yang dipadukan dengan celana ketat beraksen lace dan mengunakan mahkota ala western classic.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Teori yang digunakan adalah teori imperialisme budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian ini deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuallitatif sebagai metode utama dalam mengungkapkan bentuk-bentuk desakralisi Budaya Jawa dalam video klip Lathi dan Long As I Get Paid.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa bentuk desakralisasi budaya Jawa dalam video klip Lathi dan Long As I Get Paid yang nyaris tidak terbaca oleh audiens karena fenomena ini dianggap hal yang lumrah terjadi di era modernisasi saat ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:42
Last Modified: 25 Oct 2023 06:42
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29748

Actions (login required)

View Item View Item