Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Total Aset, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Lq 45

Tamami, Muhammad Farhan Akbar (2023) Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Total Aset, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Lq 45. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of FEB_MNJ_1802025281_ Muhammad Farhan Akbar T.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1802025281_ Muhammad Farhan Akbar T.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran kas, perputaran total aset, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Populasi penelitian ini sebanyak 45 perusahaan yang terdaftar di LQ 45. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh 24 (dua puluh empat) perusahaan sampel dengan tahun pengamatan dari 2017-2021. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah, analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews versi 9.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perputaran kas, perputaran total aset dan leverage berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Dari 3 estimasi model yang digunakan yaitu Random Effect Model, Fixed Effect Model dan Common Effect Model ada satu model yang signifikan yang di uji dengan Uji Chow, Uji Hausman, dan Uji Lagrange Multiplier yaitu Random Effect Model.
Hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan perputaran kas, perputaran total aset, leverage, dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 21 Oct 2023 02:40
Last Modified: 21 Oct 2023 02:40
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29643

Actions (login required)

View Item View Item