Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Generasi Milenial Di Bank Syariah Indonesia (BSI) (Studi Kasus Generasi Milenial Kecamatan Ciledug Kota Tangerang Provinsi Banten)

Hidayat, Chairul (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Generasi Milenial Di Bank Syariah Indonesia (BSI) (Studi Kasus Generasi Milenial Kecamatan Ciledug Kota Tangerang Provinsi Banten). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_FAKULTAS AGAMA ISLAM_1607025082_CHAIRUL HIDAYAT.pdf]
Preview
Text
FISIP_FAKULTAS AGAMA ISLAM_1607025082_CHAIRUL HIDAYAT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk memperoleh bukti atas pengaruh antara Religiusitas, Pendapatan, dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Menabung Generasi Milenial Kecamatan Ciledug Kota Tangerang Provinsi Banten. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner nasabah milenial yang menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) dan penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2021. Dengan jumlah populasi milenial yang menabung di Bank Syariah Indonesia sebanyak 70.692, pengambilan sampel berdasarkan rumus slovin sebanyak 99,85 responden jika bulatkan menjadi 100 responden. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah teknik Non Probability sampling dengan menggunakan sampling kouta. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Religiusitas (X1), Pendapatan (X2), dan Lingkungan Sosial (X3) sedangkan variable dependen dalam penelitian ini adalah Minat Menabung (Y). Hasil analisis uji t tingkat signifikan 5% atau 0,05 menunjukkan bahwa Religiusitas sebesar 0,002, Pendapatan sebesar 0,000 dan Lingkungan sosial sebesar 0,140. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara bersamaan atau simultan variabel Religiusitas, Pendapatan dan Lingkungan Sosial berpengaruh terhadap Minat Menabung dengan nilai F hitung diperoleh 37,912. Nilai pada Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,528. Angka ini menunjukkan bahwa minat menabung mampu dijelaskan faktor Religiusitas, Pendapatan dan Lingkungan Sosial sebesar 52,8% sedangkan sisanya 47,2% dijelaskan faktor-faktor lain kemungkinan bisa memberi pengaruh yang lebih besar terhadap minat menabung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
L Education > L Education (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:25
Last Modified: 20 Oct 2023 03:25
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29628

Actions (login required)

View Item View Item